Daerah  

Marah Kena Razia Tak Pakai Masker, Warga Solo Pukul Petugas

Polres Kota Surakarta mengamankan seorang warga yang tidak memakai masker justru memukul petugas dalam operasi yustisi penegakan protokol kesehatan (prokes) oleh tim gabungan digelar, di Jalan Kiai Mojo Semanggi Pasar Kliwon Solo, Minggu.

Pada operasi Yustisi yang digelar oleh tim gabungan dari Kodim 0375 Surakarta, Polresta, Satpol PP, dan Satgas Covid-19 Semanggi tersebut, petugas melakukan razia  disiplin prokes dengan menghentikan setiap pengendara kendaraan bermotor yang melanggar guna mencegah penularan Covid-19 di wilayah Solo.

Seorang pengendara bermotor yang tidak memakai masker lantas marah-marah dan melawan petugas, sehingga dia langsung diamankan dan dibawa ke Mapolresta Surakarta untuk diperiksa.

“Pengendara yang memukul terhadap petugas mengenai kepala bagian kiri. Yang bersangkutan langsung diamankan oleh petugas dan dibawa ke Mapolresta Surakarta untuk dilakukan penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut terkait potensi tindak pidana yang dilakukan,” tutur Kepala Polres Kota Surakarta Kombes Pol Ade Safri Simanjutak yang ikut memantau operasi Yustisi.

Petugas juga memeriksa dokumen kendaraan bermotor yang bersangkutan tidak bisa menunjukkan atau tidak membawa surat-surat kendaraan yang dipakai. Pria berinisial H yang tercatat sebagai warga Semanggi Pasar Kliwon Solo itu kini diperiksa di Mapolres Surakarta.

Ade mengatakan pengamanan warga yang melawan petugas tersebut diharapkan menjadi pembelajaran bagi masyarakat di tengah pandemi Covid-19 saat ini. “Dimana, kami semua harus bisa mengendalikan agar bisa memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ujar Kapolres.

“Penegakan prokes akan kami lakukan terus selama pandemi. Keselamatan rakyat adalah hukum tertinggi. Hal ini, menjadi pedoman kami semuanya petugas yang ada di lapangan, termasuk kerja sama semua pihak atau semua masyarakat,” kata Kapolres.

Tim gabungan dalam penegakan disiplin prokes secara terus dilakukan. “Apa yang kami lakukan dalam rangka memberikan keselamatan terhadap rakyat banyak,” ujar Kapolres.

Baca Juga  5 Menitpun, Layanan Jangan Ditutup – cakrawalarafflesia

(Antara/gil)