5 Kesalahan Memakai Masker Wajah Sehingga Tak Mendapatkan Hasil Maksimal

CakrawalaSulsel – Merawat kulit agar tetap terlihat cantik adalah dengan memakai masker wajah dengan teratur. Namun sayangnya, masih banyak yang belum mengerti cara menggunakannya dengan benar.

Masker wajah merupakan rutinitas perawatan kulit yang sayang jika kita abaikan. Selain membuat kulit terlihat lebih bercahaya, masker wajah dapat mengatasi kulit kusam, mengangkat pori-pori tersumbat dan dapat mengendurkan otot syaraf dan membuat wajah menjadi lebih rileks.

Lantas Bolehkah Memakai Masker Wajah Setiap Hari?

Dengan beragai macam masker, Anda dapat menentukan jenis masker yang cocok untuk kulit yang sesuai kebutuhan Anda sehinga membuahkan  hasil yang maksimal.

Pada umumnya memakai masker setiap hari itu dibolehkan, namun ingat, itu hanya untuk kulit normal dan tidak sensitif. Pasalnya, dengan memakai masker setiap hari dapat memicu iritasi kulit karena biasanya mengandung pengawet dan bahan-bahan tertentu yang menyerap ke kulit.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat yang Benar dan Hindari 7 Kesalahan Ini saat Memencet Jerawat Anda

Masker wajah sebaiknya cukup digunakan 1 sampai 2 kali seminggu selama 20 menit. Hal ini bermanfaat untuk memberikan kesempatan bagi kulit wajah Anda untuk bernapas. Selain itu, juga untuk menjaga keseimbangan minyak agar tidak berlebih atau terlalu kering.

Meski demikian, masih banyak orang melakukan kesalahan saat memakai masker wajah tanpa ia sadari, sehingga tak mendapatkan hasil yang maksimal dan tidak mengembangkan efek penuhnya.

Namun jangan khawatir, kami telah merangkum dari berbagai sumber, kesalahan saat memakai masker wajah. Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini.

1. Tidak membersihkan kulit wajah terlebih dahulu saat memakai masker

Membersihkan wajah secara menyeluruh itu sangat penting agar masker dapat mendapatkan hasil atau efek sepenuhnya. Kulit wajah harusnya dicuci terlebih dahulu dengan menggunakan air hangat kemudian menerapkan masker wajah seperti biasa.

Baca Juga  Soal Cip dalam Vaksin Covid-19, Wiku: Kabar Itu Hoaks

Melansir dari, freundin.de, dokter kulit Kota New York, Dr. Dan Belkin, mengatakan Ketika minyak, make-up, tabir surya, dan produk lainnya menumpuk di kulit, mereka menciptakan penghalang untuk apa yang Anda pakai dan membuatnya kurang efektif.

2. Salah memilih masker sehingga tidak cocok dengan jenis kulit Anda

Memilih produk masker wajah itu sangat penting diperhatikan dengan menyesuiakan untuk jenis kulit Anda.

Salah satu contoh misalnya masker krim madu, lidah buaya, hingga tanah liat. Dari tiga jenis ini tentu juga memiliki manfaat yang berbeda-beda seperti dapat membantu mengatasi kulit kering dan kulit sensitif.

Jika Anda memiliki kulit berminyak sebaiknya hindari masker dengan bahan seperti minyak zaitun, minyak kelapa dan bunga mawar. Anda bisa memilih masker seperti teh hijau, lidah buaya, mentimun.

Kulit kita memiliki kebutuhan yang berbeda. Tergantung pada kebutuhan Anda, Anda harus memilih masker dengan bahan yang tepat.

3. Menggunakan masker berlebihan pada kulit wajah

Mungkin Anda mengira bahwa semakin banyak menggunakan atau mengoleskan masker akan semakin bermanfaat untuk wajah. Tapi sayang itu salah. Pasalanya, mengoleskan terlalu banyak masker justru akan mendatangkan masalah pada kulit.

Olehnya itu, Anda harus memastikan saat menggunakan masker itu secukupnya saja sesuai kebutuhan kulit wajah.

4. Anda Lupa Melembabkan Wajah Setelah Menggunakan Masker

Kesalahan saat menggunakan masker wajah ini bisa memberikan dampak yang cukup memprihatinkan, khususnya Anda yang memiliki kulit kerig.

Lupa memakai pelembab setelah menggunakan masker itu bakal membuat kulit Anda kering. Maka sangat dianjurkan menggunakan pelembab ringan saja setelah membersihkan wajah dari masker yang digunakan.

5. Memakai air dingin saat membilas wajah dari penggunaan masker

Baca Juga  Apa Hubungan Antara Kolesterol Tinggi dan Berat Badan? Berikut Penjelasannya!

Kesalahan saat membilas wajah setelah memakai masker wajah dengan menggunakan air dingin ini kerap terjadi. Padahal, dengan menggunakan air dingin akan membuat kulit iritasi.

Sebaliknya jika membilas dengan air hangat, proses pembersihan sisa masker di wajah akan lebih mudah sehingga kamu tidak perlu menggosok dengan terlalu kencang.

Itulah penjelasan 5 kesalahan yang kerap dilakukan saat menggunakan masker wajah. Semoga dengan ini, Anda bisa lebih berhati-hati saat melakukan perawatan, khususnya merawat kulit wajah anda hingga terlihat bersinar.