Daerah  

Tes PCR Turun Harus Disosialisasikan – cakrawalarafflesia


cakrawalarafflesia, PALEMBANG – Turunnya harga tes PCR menjadi Rp300 ribu untuk luar Jawa-Bali dan Rp275 ribu di Jawa-Bali  disambut baik Gubernur Sumsel, H Herman Deru. Menurut mantan Bupati OKU Timur ini, penurunan harga itu akan disosialisasikan kepada seluruh masyarakat luas.

“Kita juga akan ikut mengawasi harga di lapangan,” ujar Deru, usai safari Jumat di Masjid Jamiatul Ikhsan, Jl Sukabangun 2, Kecamatan Sukarame Palembang, Jumat (29/10).

Deru menjelaskan, tes PCR kini sudah menjadi kebutuhan masyarakat dalam memeriksakan kesehatan dirinya dari virus Covid-19. Selain itu, juga sebagai syarat pelaku perjalanan antar daerah.

“Karena ini juga sudah menjadi kebutuhan masyarakat, alangkah baiknya diturunkan atau bahkan digratiskan pada saatnya nanti,” terang Deru.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Sumsel, Lesty Nurainy juga menyambut baik diturunkannya tarif tes PCR. Dia mengatakan, dengan turunnya harga tarif PCR, setidaknya dapat membantu meringankan masyarakat. Kata Lesty melanjutkan, dengan penurunan tarif itu akan memudahkan masyarakat untuk memeriksakan kesehatannya secara mandiri jika ada gejala.

Ditegaskannya, aturan yang sudah ditetapkan harus diikuti oleh semua. Surat edaran juga telah disampaikan kepada seluruh dinas kesehatan di provinsi dan kabupaten/kota, direktur rumah sakit, perhimpunan RS seluruh Indonesia (Persi), Ketua Ikatan Laboratorium Klinik Indonesia.

“Harus diikuti oleh semua sesuai peraturan dan surat edaran yang ada,” tegasnya (edy)





Melansir Sumeks co

Baca Juga  Sosialisasi Ganjil Genap 30 Hari – cakrawalarafflesia