Daerah  

Ini Jumlah RAPBD Palembang 2022 – cakrawalarafflesia


SUMEKS. CO, PALEMBANG – Wali Kota Palembang H Harnojoyo menyampaikan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kota Palembang terkait Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) tahun 2022 di DPRD Kota Palembang, Senin (1/11).

“Ya, kita menyampaikan nota keuangan RAPD Kota Palembang dan tadi juga sebelumnya kita menandatangani nota kesepakatan plafon prioritas anggaran sementara,” ujar Harnojoyo.

Dikatakannya, rancangan raperda disusun prioritas dalam RAPBD masih tetap sama yakni salah satunya pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur.

“Kita perkirakan pendapatan daerah sebesar Rp3,8 triliun dan diimbangi dengan pengeluaran yang sama Rp3,8 triliun,” ungkap Harnojoyo.

Lebih rincinya, Harnojoyo memperkirakan pendapatan Rp3,84 triliun yang terdiri dari Rp1,3 triliun asli daerah, Rp2,08 triliun transfer, Rp400 miliar dari sumber lain dan pembelanjaan sebesar Rp3,81 triliun untuk mencankup Rp2,94 triliun biaya operasi, Rp617 miliar biaya moral, serta Rp248 miliar biaya tak terduga.

“Kami berharap kepada tim anggaran daerah dapat membahas ini sehingga anggaran bisa direaliasaikan untuk  kepentingan masyarakat kota Palembang guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat kota Palembang,” tegas Harnojoyo.

Sementara itu, Ketua DPRD kota Palembang Zainal Abidin menambahkan wali kota Palembang telah menyampaikan Raperda.

“Besok kita akan membahas pandangan umum terkait raperda ini dari semua fraksi-fraksi yang akan dibahas perkomisi-komisi,” jelas Zainal.

Masih dikatakan Harno, angka Rp3,8 triliun untuk 2022 ini diperkirakan menurun dari tahun 2021 yang diperkirakan mencapai lebih dari  Rp4,1 triliun

“Turun, dari 2021 yang estimasinya Rp4,1 triliun. Faktornya banyak, seperti pemulihan ekonomi yang baru akan dimulai, dan kita belum tahu kapan pandemi ini akan berakhir,” ujar Zainal.

Dia menjelaskan walaupun anggaran turun tapi tak mempengaruhi secara signifikan karena prioritas masih tetap di Pendidikan, Kesehatan dan Inftrastruktur.

Baca Juga  Ini Lokasi Penyekatan PPKM di Palembang – cakrawalarafflesia

“Kita upayakan yang priotitas yang akan dilaksanakan. Dan kita juga lihat apa yang telah dikaji tim ahli pendapatan ditahun 2022 agar menigkat karena ada strategi-strategi yang akan diterapkan di kota Palembang,” tutupnya. (dey)





Melansir Sumeks co