Daerah  

Ini Alternatif Tangani Maraknya Illegal Drilling – cakrawalarafflesia


cakrawalarafflesia, PALEMBANG,- Kasus Ilegal Drilling yang terus terjadi beberapa waktu terakhir, khususnya yang terjadi di provinsi Sumsel, hanya dapat dituntaskan jika Presiden Jokowi turun tangan.

Hal itu dikatakan tenaga ahli SKK Migas Ir Ngatijan MT saat menjadi salah satu narasumber dalam webinar Local Media Briefing yang diselenggarakan SKK Migas Sumbagsel, Jumat (5/11).

Ia mengatakan, dampak Illegal Drilling ini sangat banyak dan parah, baik dari segi ekonomi masyarakat, sosial terlebih lagi dalam ekosistem dampak lingkungan.

“Korban jiwa sudah sangat banyak akibat dampak dari Illegal Drilling, hanya dengan menerbitkan perpres lah dapat dihentikan,” ujar Tenaga Ahli SKK MIgas ini saat menjadi narasumber acara yang diselenggarakan di Novotel Bangka.

Selain itu iya juga mengatakan, SKK Migas sendiri mempunyai dua opsi dalam hal menyikapi Illegal Drilling ini, yakni dihentikan secara total atau dikelola.

“Jika dikelola maka harus ada payung hukum, namun sampai sekarang belum ada,” ungkapnya.

Ia juga memaparkan, ada banyak opsi yang dilakukan oleh SKK Migas dalam penghentian kegiatan sumur ilegal, yang dimulai dari tahapan persiapan hingga monitoring.

“Diantaranya pemetaan dan pendataan sumur ilegal, lalu penetapan aturan main Permen ESDM hingga pencabutan izin dan tindak pidana jika terbukti melakukan pelanggaran dalam pelaksanaan illegal drilling,” jelasnya.

Dalam webinar yang diselenggarakan baik secara offline dan online dari puluhan peserta yang sebagian besar diikuti oleh awak media baik nasional maupun lokal ini juga dihadiri dua narasumber lainnya, yakni Dr Halilul Khairi SSos MSi yang merupakan dekan IPDN Kemendagri.

Lalu, Beni Setiawan selaku Sub Direktorat penangan lingkungan hidup dari Kementrian Lingkungan Hidup, dan Andi Arie Kepala Departemen Humas SKK Migas Sumbagsel selaku moderator. (Fdl)

Baca Juga  Rutin Laksanakan Donor Darah Wawako Puji Pusri – cakrawalarafflesia





Melansir Sumeks co