Daerah  

Ini Penyebab Banjir Menurut Harnojoyo – cakrawalarafflesia


cakrawalarafflesia, PALEMBANG – Wali Kota Palembang H Harnojoyo angkat bicara terkait banjir yang melanda kota yang dipimpinnya.

Dia mengatakan penyebab banjir tersebut karena banyaknya saluran air di drainase ukurannya tidak sesuai dan sendimentasi. Terutama kawasan yang terbilang urgent saat banjir yaitu wilayah Sekip, PTC, dan Sekojo.

“Banjir ini disebabkan saluran air di drainase ukurannya tidak sesuai dan sendimentasi,” kata Harno di rumah dinas wako, Jumat (5/10).

Dikatakannya, volume banjir yang terjadi di sejumlah kawasan langganan mulai mereda dan dapat tertangani baik oleh Pemkot Palembang. Terlebih titik genangan pun sudah banyak berkurang.

“Genagan air ini karena daya tampung drainase kecil. Namun ini sudah kita koordinasikan dengan pihak terkait. Tapi untuk titik genangan kan telah berkurang dan kita terus berupaya untuk tetap mengatasi masalah ini,” ungkap Harno.

Maka itu dirinya juga menghimbau agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan untuk mendorong volume banjir di titik-titik langganan makin berkurang. Termasuk dinas terkait pun diminta menangani program prioritas mengatasi genagan air.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Palembang Ahmad Bastari Yusak menambahkan, pihaknya pun terus berupaya mencari titik-titik daerah yang rawan tergenang air dengan mengkoordinasikan bersama dinas terkait.

“Beberapa titik genangan air terlapor yang memang sering tergenang di tiga titik arah Sekip, kemudian Simpang Polda hingga PTC menuju Sekojo,” kata Bastari.

Salah satu antisipasi Pemkot Palembang mengatasi masalah banjir dengan optimalisasi perbaikan drainase di tempat-tempat yang menjadi langganan banjir. Pihaknya juga terus memaksimalkan pembangunan kolam retensi di beberapa titik seperti di kawasan Polda Palembang.

“Laporan dari warga yang masuk ke pemkot segera ditindaklanjuti, yang jelas kalau ada laporan pasti kita upayakan solusi,” tutupnya. (dey)

Baca Juga  Muslimat NU Juara Syarofal Anam – cakrawalarafflesia





Melansir Sumeks co