Daerah  

Kasus Vonis Bebas Terdakwa Kasus Narkoba, Ketua DPD Ikadin Bilang Begini – cakrawalarafflesia


cakrawalarafflesia, PALEMBANG – Majelis hakim PN Palembang  menjatuhkan vonis bebas terhadap salah satu dari empat tersangka kasus penyalahgunaan narkotika bernama Hijriah Agustina alias Hijrah yang ditangkap saat penggerebekan di Tangga Buntung Palembang.

Hal itu memicu berbagai tanggapan dari beberapa elemen masyarakat, terbukti beberapa waktu lalu melakukan unjuk rasa di PN Palembang karena putusan bebas tersebut dianggap kontroversial.

Terhadap hal itu, Ketua DPD Ikatan Advokat Indonesia (Ikadin) Sumsel, Titis Rachmawati SH MH, Kamis (11/11) mengatakan sangat menyayangkan tindakan unjuk rasa tersebut, ia menilai aspirasi yang ditujukan kepada pihak PN Palembang itu dirasa kurang tepat.

“Karena jika saya lihat dari pasal yang didakwakan tersebut, menurut saya wajar jika terdakwa dibebaskan, kebetulan kuasa hukumnya terdakwa itu dari LBH Ikadin jadi saya tahu itu,” ungkap Titis saat diwawancarai awak media.

Menurutnya, sebagaimana dakwaan penuntut umum terdakwa Hijriah Agustina dijerat dalam Pasal 114 ayat 2 atau Pasal 112 ayat 2, tentang narkotika, sementara dalam pembuktian perkara saat diuji oleh majelis hakim ketentuan dalam pasal satupun tersebut tidak terbukti.

Masih menurut Titis, jika  penuntut umum ingin menjerat terdakwa dengan jerat hukuman, maka terdakwa harus dijerat dengan pasal berlapis yakni dengan Pasal 131 UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika.

“Jadi menurut kami dalam hal ini bukanlah putusan hakim yang menjadi masalah. Melainkan adanya ketidak telitian penuntut umum menjerat pasal pada dakwaan,” ujarnya.





Melansir Sumeks co

Baca Juga  Cegah COVID-19, Satgas Bisa Terapkan Hukum – cakrawalarafflesia