8 Jenis Buah Bergizi Ini, Cocok Dikomsumsi untuk Ibu Hamil

CakrawalaSulsel – Memilih makanan kaya nutrisi sangat dianjurkan untuk kesehatan ibu hamil dan calon bayi. Salah satunya mengomsumsi jenis buah bergizi seperti jambu biji, alpukat dan semacam buah lainnya.

Buah-buahan merupakan bagian terpenting dari makanan untuk ibu hamil, dan makan buah-buahan yang kaya vitamin, serat dan mineral memberikan nutrisi bagi ibu dan bayi yang sedang tumbuh.

Ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat yang mengandung gizi lengkap. Selain dari sayuran atau daging, makan buah juga bermanfaat buat ibu hamil.

Tak heran buah-buahan segar sering direkomendasikan sebagai camilan yang baik untuk ibu hamil ketimbang camilan kemasan. Jadi, apa saja jenis buah yang bagus untuk ibu hamil?

Baca Juga: Kapan Waktu Terbaik Berhubungan Seks Agar Hamil?

Berikut ini adalah beberapa jenis buah bergizi yang tepat untuk dikonsumsi oleh ibu hamil:

Jenis Buah Bergizi Ini, Cocok Dikomsumsi untuk Ibu Hamil

https://www.momjunction.com/articles/safe-eat-guava-pregnancy_0022537/

1. Jambu Biji

Jenis Buah Jambu biji Bergizi Cocok Dikomsumsi untuk Ibu Hamil
Jenis Buah Jambu biji Bergizi Cocok Dikomsumsi untuk Ibu Hamil

Jambu biji merupakan jenis buah yang rasanya manis. Maka tak heran jika buah jambu ini banyak yang menyukai dan mengonsumsinya setiap hari.

Selain rasanya enak, jambu biji ini juga baik untuk ibu hamil karena memiliki banyak manfaat dan gizi untuk kesehatan ibu dan calon bayi.

Jambu biji juga aman dikonsumsi di semua tahap kehamilan. Selain memiliki gizi yang mumpuni, juga kaya nutrisi dan memberikan beberapa manfaat kesehatan.

Meski demikian, Anda juga harus memperhatikan bahwa Anda hanya mengonsumsi buah yang matang dan dikupas dalam jumlah kecil untuk menghindari risiko kesehatan dan mendapatkan manfaat maksimal dari buah tersebut.

Perlu diingat bahwa segala sesuatu yang berlebihan berbahaya bagi kesehatan dan harus dihindari untuk mencegah efek buruk pada janin.

2. Alpukat

Jenis Buah Alpukat Bergizi Cocok Dikomsumsi untuk Ibu Hamil
Jenis Buah Alpukat Bergizi Cocok Dikomsumsi untuk Ibu Hamil

Alpukat dikenal sebagai buah kesuburan untuk pria dan wanita. Buah berbiji tunggal dimakan tidak hanya selama periode perikonsepsi tetapi juga selama kehamilan.

Alpukat, juga dikenal sebagai buah mentega, berbentuk buah pir, berwarna hijau tua dan secara botani disebut sebagai buah yang mengandung satu biji.

Alpukat terbilang aman untuk dimasukkan ke dalam makanan ibu hamil karena mengandung sejumlah besar nutrisi penting folat dan kalium yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan janin.

Baca Juga  Kaki Bengkak saat Hamil? Lakukan Cara Ini untuk Mengatasinya

Selain memiliki gizi dan lemak baik, juga vitamin dan mineral lainnya, yang semuanya memiliki dampak positif pada kehamilan.

Meski aman,  Namun disarankan bahwa yang terbaik adalah membatasi asupan harian Anda hingga setengah buah saja. Jika Anda makan alpukat secara berlebihan, kemungkinan akan menyebabkan penambahan berat badan.

Waktu terbaik makan alpukat adalah memasukkan alpukat selama awal kehamilan karena kandungan folatnya yang tinggi. Kadar folat yang rendah pada tahap awal kehamilan dikaitkan dengan cacat tabung saraf.

3. Jeruk bali (Grapefruit)

Jenis Buah Jeruk bali (Grapefruit) Bergizi Cocok Dikomsumsi untuk Ibu Hamil
Jenis Buah Jeruk bali (Grapefruit) Bergizi Cocok Dikomsumsi untuk Ibu Hamil

Jeruk bali atau Grapefruit terkenal karena khasiat nutrisi dan obatnya. Pilihan sarapan yang disukai banyak orang, jeruk bali adalah persilangan antara jeruk dan pomelo. Buah jeruk ini berwarna jingga, merah muda, kuning, atau putih dan rasanya asam hingga semi manis.

Makan grapefruit selama kehamilan aman di konsumsi. Ini adalah buah rendah kalori, kaya nutrisi yang memiliki kepadatan nutrisi yang relatif lebih tinggi daripada apel segar, pisang, dan buah persik, dan dapat bermanfaat bagi ibu hamil.

Ini mengandung vitamin B kompleks, folat, serat, kalsium, dan kalium, yang semuanya penting untuk Anda dan pertumbuhan bayi.

Minum Grapefruit atau jus jeruk bali saat hamil bisa namun hanya jika sudah dipasteurisasi. Jus yang tidak dipasteurisasi membuat Anda berisiko terkena infeksi bakteri yang mungkin serius selama kehamilan.

Saat Anda menyiapkan jus di rumah, ingatlah untuk tidak menyaringnya. Ini akan memastikan bahwa Anda juga mendapatkan kandungan serat dari buah tersebut. Anda dapat berbicara dengan ahli gizi sebelum menambahkan jus jeruk ke dalam diet Anda.

Meskipun jeruk bali rendah fruktosa, konsumsinya yang berlebihan dapat berbahaya bagi plasenta dan mengganggu pertumbuhan janin.

Makan jeruk bali tidak dianjurkan jika Anda memiliki penyakit sebagai berikut:

  1. Penyakit ginjal atau hati
  2. Tukak lambung atau duodenum
  3. Sistitis
  4. Riwayat alergi

Grapefruit tidak boleh dimakan dengan perut kosong atau dikombinasikan dengan obat-obatan tertentu. Bahkan sebaliknya, penting untuk mengatur jumlah grapefruit yang Anda makan setiap hari.

4. Persik

Jenis Buah Persik Bergizi Cocok Dikomsumsi untuk Ibu Hamil
Jenis Buah Persik Bergizi Cocok Dikomsumsi untuk Ibu Hamil

Rendah kalori dan enak untuk dimakan oleh ibu hamil. Buah Persik, yang terlihat seperti apel kecil, bergizi dan lezat.

Baca Juga  14 Manfaat Jambu Biji Baik untuk Kesehatan Ibu Hamil

Makan persik selama kehamilan pun aman untuk dikonsumsil dalam jumlah sedang. Persik kaya akan zat besi, protein, gula, pektin, dan seng.

Makan buah utuh itu sehat namun sebelumnya cuci buah persik dengan baik dan makan segar atau dimasak dalam resep.

Selama kehamilan, Anda perlu makan semua makanan dalam jumlah sedang. Anda tidak boleh mengonsumsi lebih dari 500 gram buah persik sehari.

Menurut The American College of Obstetricians and Gynecologists, Anda boleh makan empat hingga lima cangkir buah dan sayuran setiap hari selama kehamilan. Anda dapat mencoba membatasi diri untuk dua buah persik sehari bersama dengan buah-buahan dan sayuran lainnya.

Persik baik untuk kesehatan Anda selama kehamilan, tetapi makanlah dalam jumlah terbatas. Sebelum itu, ikuti saran dokter Anda. Beli buah-buahan organik untuk menyingkirkan ketakutan akan kontaminasi bahan kimia.

5. Kiwi

Jenis Buah kiwi Bergizi Cocok Dikomsumsi untuk Ibu Hamil
Jenis Buah kiwi Bergizi Cocok Dikomsumsi untuk Ibu Hamil

Buah kiwi dianggap sebagai pembangkit tenaga nutrisi dan cocok untuk ibu hamil karena mengandung vitamin C, E, serat makanan, antioksidan, asam folat, kalium, dan mineral.

Ini memiliki rasa manis dan unik. Buah berbentuk oval dengan daging hijau dapat digunakan dalam salad, sebagai topping pada kue, dibuat jus atau dimakan mentah. Ini sebagian besar mengandung air dan kaya akan vitamin C.

Kiwi aman dikonsumsi saat untuk ibu hamil, karena tinggi vitamin C dan K. Kiwi juga kaya akan folat yang membantu perkembangan otak dan kemampuan kognitif, dan telah menunjukkan hasil positif dalam proses perkembangan janin.

Memasukkan buah sebelum dan selama kehamilan dapat membantu mencegah cacat tabung saraf pada bayi.

Buah kiwi mengandung beberapa nutrisi penting, yang berarti ibu hamil dapat memasukkannya ke dalam menu sehari-hari tanpa khawatir. Namun bukan berarti Anda mengonsumsinya dalam jumlah berlebihan.

Anda dapat mengonsumsi dua buah kiwi satu porsi buah setiap hari untuk kehamilan yang sehat dan aman. Jika Anda mengalami gejala alergi atau masalah pencernaan, Anda harus berhenti memakannya karena dapat berdampak negatif pada kesehatan Anda.

Makan buah kiwi mentah selama kehamilan lebih asam daripada yang matang, dan jika Anda memakannya secara berlebihan, mereka dapat menyebabkan luka di mulut atau lidah. Untuk menghindari masalah ini, Anda mungkin memilikinya dengan custard atau yogurt.

Sebelum menggunakan buah, cuci bersih untuk menghilangkan patogen atau pestisida berbahaya. Kiwi bergizi dan baik untuk ditambahkan ke diet kehamilan Anda.

Baca Juga  Dukung Percepatan Vaksinasi Massal, Kapolsek Barombong Gelar Gerai Vaksinasi Presisi Malam Hari

Mereka sangat berserat dan mengandung vitamin dan mineral. Tetapi jika Anda alergi terhadap buah atau melihat beberapa efek samping setelah memakannya, maka berhentilah mengonsumsinya. Bicaralah dengan dokter Anda tentang hal itu.

6. Plum

Jenis Buah Plum Bergizi Cocok Dikomsumsi untuk Ibu Hamil
Jenis Buah Plum Bergizi Cocok Dikomsumsi untuk Ibu Hamil

Buah-buahan adalah bagian penting dari diet seimbang.

Plum baik untuk ibu hamil, karena kaya akan nutrisi seperti potasium, fosfor, magnesium, kalsium, dan vitamin A dan C. Namun, konsumsi buah-buahan ini dikaitkan dengan pembentukan batu ginjal dan harus dihindari oleh wanita yang memiliki masalah ginjal.

Selain memuaskan dahaga, nutrisi dalam buah plum mungkin memberi Anda beberapa manfaat kesehatan. Plum idealnya dikonsumsi segar.

7. Custard Apple

Jenis Buah Apel custard Bergizi Cocok Dikomsumsi untuk Ibu Hamil
Jenis Buah Apel custard Bergizi Cocok Dikomsumsi untuk Ibu Hamil

Saat Anda hamil, Anda bisa makan mangga di musim panas, beri dan plum di musim hujan, dan apel, pir, anggur, dan banyak lagi di musim dingin.

Apel custard adalah salah satu buah musiman, yang takkala penting untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena buahnya bergizi untuk ibu dan bayinya yang belum lahir.

Makan apel custard selama kehamilan dianggap aman karena profil nutrisinya yang beragam dan efek samping yang hampir dapat diabaikan pada konsumsi moderat.

Buah yang kaya nutrisi ini memiliki jumlah serat, magnesium, zat besi, vitamin-B6 dan vitamin-C yang baik. Juga, ia memiliki gula alami yang dapat membantu wanita hamil yang kekurangan berat badan untuk menambah berat badan.

Konsumsi apel custard secara teratur diyakini dapat menurunkan risiko aborsi. Buah ini umumnya enak bahkan ketika Anda tidak menyukai makanan lain, kecenderungan umum selama kehamilan. Namun, Anda tidak boleh makan buah secara berlebihan, sama seperti makanan lainnya.

8. Pir

Jenis Buah pir Bergizi Cocok Dikomsumsi untuk Ibu Hamil
Jenis Buah Pir Bergizi Cocok Dikomsumsi untuk Ibu Hamil

Pir dikenal memiliki rasa ringan yang menyenangkan, rasa manis yang menggugah selera, dan aroma yang tahan lama.

Makan pir selama kehamilan aman dan sehat untuk ibu hamil karena mengandung beberapa nutrisi seperti antioksidan dan flavonoid.

Namun, Anda perlu mencucinya sebelum makan karena pir yang tidak dicuci mengandung bakteri dan parasit berbahaya, yang dapat menyebabkan penyakit bawaan makanan.

Buah pir mengandung vitamin utama A, C, K, B9, PP, dan juga memiliki berbagai elemen dan mineral seperti belerang, pektin, fosfor, kalium, besi, seng, tembaga, serat, kobalt, kalsium, yodium, dan tanin.