Tips Dapur! 5 Cara Menyimpan Tempe Agar Tetap Awet

CakrawalaSulsel – Tak banyak yang tahu bagaimana cara menyimpan tempe agar tetap awet. Padahal itu penting loh untuk diketahui khususnya ibu yang tugasnya di dapur.

Tempe adalah salah satu bahan makanan favorit keluarga yang banyak peminatnya. Selain bahannya gurih saat disajikan harganya juga terjangkau.

Tak hanya itu, tempe juga sangat mudah didapatkan di pasar hingga di tukang sayur keliling. Meski demikian tentu bagi ibu-ibu tidak seharusnya beli tiap hari, namun kadang ingin menyimpannya sebagian untuk digunakan hari-hari lain.

Nah, kali ini kami akan membagikan tips cara menyimpan tempe agar tetap awet dan gurih saat Anda masak di dapur.

Baca Juga: Resep Bumbu Sop Ayam Kampung Cocok Santapan Musim Dingin

Berikut adalah cara menyimpan tempe agar tetap awet:

Berikut adalah cara menyimpan tempe agar tetap awet
Cara menyimpan tempe agar tetap awet

1. Beli Tempe yang Segar

Pastikan Anda membeli tempe yang segar dan bagus kualitasnya. Cara memilihnya, disarankan pilih yang terasa padat ketika ditekan ringan.

Warna tempe juga perlu diperhatikan, sebaiknya pilih yang warna tempenya masih kekuning-kuningan, jamur tempenya berwarna putih dan tebal.

Tak kalah penting juga yang perlu diperhatikan, sebaiknya Anda menghindari tempe yang sudah berwarna kecoklatan. Sebab, ciri-ciri tersebut tak segar lagi sehingga tidak awet ketika Anda menyimpannya.

2. Cek Tempe Sebelum Menyimpan

Sebelum memutuskan untuk menyimpannya ke dalam kulkas, sebaiknya Anda cek dulu tempenya. Sebab, pada umumnya tempe yang dipasarkan atau dijual pasaran itu masih terasa hangat saat digenggam.

Maka dari itu, tempe yang ingin Anda awetkan sebaiknya disimpan terlebih dahulu di suhu ruangan dapur hingga suhunya dingin. Setelah terasa dingin saat Anda genggam, kemudian simpan ke dalam kulkas.

Jadi saat Anda ingin menggunakan tempe itu, akan tetap awet dan gurih saat dicicipi.

Baca Juga  Pendekatan Ilmiah : Tahap Berpikir, Ciri Karakteristik, Contoh

3. Simpan Tempe Tanpa Dipotong

Jika Anda ingin menyimpannya 2 hingga 3 hari, agar tempe tetap awet sebaiknya Anda menyimpannya dalam keadaan utuh tanpa dipotong terlebih dahulu. Supaya kelembapan permukaan tempe tetap terjaga dan rasanya selama disimpan di kulkas.

Kebanyakan tempe yang kita temui di pasaran atau di tukang sayur itu terbungkus dengan daun pisang atau plastik. Namun tempe yang sudah Anda beli, jika ingin tempe agar tetap awet, sebaiknya dipindahkan ke dalam wadah agar lebih awet dan nggak mudah membusuk.

4. Simpan Tempe ke dalam Wadah Tertutup

Menyimpan tempe sebaiknya disimpan ke dalam wadah sehingga tetap awet. Selain itu, juga dapat terlindungi dari kontaminasi aroma bahan lain di tempat penyimpanan atau kulkas.

5. Jangan Simpan Tempe di Freezer

Sebaiknya jangan menyimpan tempe di freezer, dikarenakan itu akan menyebabkan mengalami perubahan rasa atau tekstur warna.

Jadi, jika Anda ingin menyimpan tempe agar tetap awet, sebaiknya simpan di rak kulkas saja. Dan ketika Anda ingin menggunakan atau meyajikan tempe tersebut, saat Anda mengeluarkan dari kulkas, sebaiknya diamkan telebih dahulu tempenya sekitar 15 menit sampai terasa bagian dalam tempe tidak terasa dingin.

Itulah 5 cara menyimpan tempe agar tetap awet sehingga Anda tidak perlu bingung lagi jika ingin menyimpan tempe selama beberapa hari. Selamat mencoba dan semoga tips di atas bermanfaat.