Gedung Cyber Kebakar, 1 Orang Dilaporkan Meninggal dan Banyak Website Serta Layanan Internet Down

CR — Gedung Cyber 1 yang belokasi di Kuningan Barat, Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta selatan Terbakar, Selasa (02/12/2021) sekira pukul 12.35 WIB.

Banyak karyawan yang tengah bekerja terjebak dalam peristiwa kebakaran tersebut dan satu orang karyawan dilaporkan meninggal dunia.

“Ada satu yang meninggal. Pekerja usia 18 tahun. Dia (bekerja sebagai) teknisi,” kata Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Kota Jakarta Selatan, Herbert Plider Lomba Gaol mengutip Kompas.com

Selain itu, ada dua karyawan lain yang tak sadarkan diri dan saat ini sudah dilarikan ke rumah sakit terdekat. Peristiwa kebakaran itu terjadi sekitar pukul 12.35 WIB. Api berhasil dipadamkan petugas damkar 30 menit setelah kejadian.

Peristiwa kebakaran di Gedung Cyber 1 juga berakibat banyaknya webiste serta layanan internet down.

Seperti diketahui jika gedung Cyber 1 merupakan Gedung data center yang merupakan lokasi dari sejumlah perusahaan teknologi beroperasi mulai dari penyedia web hosting, software, layanan internet hingga perusahaan keamanan Cyber.

Salah satunya sebagian server yang dimiliki perusahaan penyedia hosting DewaWeb yang terdampak. Dimana pihak Dewaweb memberikan notifikasi melalui email ke seluruh pelanggannya termasuk kami karena kami juga menggunakan layanannya untuk salah satu website yang kami kelola.

Berikut isi email dari Dewaweb

NETWORK DOWNTIME NOTICE

Kamis, 02 Desember 2021

Halo Sahabat Dewaweb,

Siang hari ini sekitar jam 13.00 terjadi kebakaran di Gedung Cyber 1 Kuningan, dimana terdapat APJII & IIX pusat Internet Exchange Indonesia yang menyebabkan gangguan jaringan koneksi ke lokasi datacenter Dewaweb di DCI dan EdgeDC, karena core router network upstream kami ada di gedung Cyber 1 dan terkoneksi langsung dgn APJII & IIX. Ini adalah situasi force majeur yang benar-benar tidak terduga dan sedang ditangani oleh team disaster recovery dari upstream provider.

Baca Juga  Devano Sempat Tak Bisa Dihubungi Usai Ingin Bunuh Diri, Iis Dahlia Langsung Hubungi Jefri Nichol

Network engineer dari upstream provider kami sedang proses memindahkan core router dari Gedung Cyber 1 ke gedung sebelah (EdgeDC) supaya bisa segera UP lagi. Mohon maaf sebesar-besarnya untuk ketidaknyamanan ini.

Terima kasih untuk kerjasamanya dan kesabarannya.

Gedung Cyber Kebakar, 1 Orang Dilaporkan Meninggal dan Banyak Website Serta Layanan Internet Down
email dari dewaweb

Tak hanya dewaweb, beberapa perusahaan penyedia layanan hosting lainnya juga memberikan informasi yang sama seperti Rumahweb dan Niaga hoster.