Islami  

Anak di Usia Enam Tahun Pertama, Apa yang Perlu Dilakukan?

CakrawalaSulsel – Begitu penting bagi kita mendidik anak di usia enam tahun pertama dengan penuh kasih sayang.

Pada usia enam tahun pertama itulah momen yang penting untuk orang tua menanamkan kedisipinan dan memberi contoh yang baik terhadap anak.

Kehidupan anak di usianya enam tahun pertama merupakan paling penting, karena ini sangat berpengaruh terhadap anak dalam pembentukan pribadinya.

Apapun yang terekam dalam benak anak di usianya seperti ini, nanti akan tampak pengaruh-pengaruhnya dengan nyata pada kepribadiannya ketika menjadi dewasa.

Oleh karena itu, pentingnya dari sekarang para orang tua memberikan banyak perhatian dengan cara mendidik anaknya di usianya yang enam tahun pertama ini.

Para pendidik perlu memberikan banyak perhatian pada pendidikan anak dalam periode ini. Dan inilah aspek-aspek yang wajib diperhatikan oleh kedua orang tua saat mendidik anak di usia enam tahun pertama.

Cara Mendidik Anak Pada Usia Enam Tahun Pertama yang perlu diketahui

1. Memberikan kasih sayang

Memberikan kasih sayang kepada anak di usia enam tahun pertama itu sangat penting. Mendidik anak dengan penuh kasih sayang dari kedua orang tua, anak itu juga dapat bagaimana belajar mencintai orang lain dan disekitarya.

“Seorang ibu yang muslimah harus menyadari bahwa tidak ada suatu apapun yang mesti menghalanginya untuk memberikan kepada anak  kebutuhan alaminya berupa kasih sayang dan perlindungan.

Dia akan merusak seluruh eksistensi anak, jika tidak  memberikan haknya dalam perasaan-perasaan ini, yang dikaruniakan Allah dengan rahmat dan hikmahnya dalam diri ibu, yang memancar dengan sendirinya untuk memenuhi kebutuhan anak.” (Muhammad Quthub, Manhaiut Tarbiyah Al Islamiyah, juz 2.) dikutip dari buku Pendidikan Anak dalam Islam, oleh Syaikh Yūsuf Muhammad al-Hasan.

Baca Juga  Khutbah Jumat: 9 Tanda Seseorang Cinta Rasulullah shallallahu alaihi wasallam

Maka perannya sebagai ibu hendaklah senantiasa mendidik anaknya, memverikan kasih sayang di usia enam tahun pertama, jangan disibukkan dengan kegiatan karir di luar rumah, perselisihan dengan suami atau kesibukan lainnya.

2. Membiasakan anak untuk disiplin

Membiasakan anak untuk disiplin, mulai dari bulan-bulan pertama di usia enam tahun adalah suatu hal yang sangat baik. Mendidik anak untuk disiplin akan bepengaruh untuk masa depannya.

Jika anak belajar disipin dari usia enam tahun, nantinya juga akan mampu untuk mengontrol tuntutan dan kebutuhannya pada masa mendatang.

3. Memberi contoh yang baik terhadap anak

Salah satu cara mendidik anak adalah memberi contoh yang baik. Dan hendaknya kedua orang tua menjadi teladan bagi anak di usianya yang enam tahun dari permulaan kehidupannya.

Jangan pernah berpendapat bahwa dengan usia seperti itu tidak mengerti apa yang tejadi di sekitarnya, sehingga perhatian untuk mendidik anak diabaikan. Kemampuan anak untuk menangkap, dengan sadar atau tidak, adalah besar sekali.

Maka pentingnya diketahui di usia seperti ini mempunyai pengaruh yang besar sekali pada pribadi anak, bahkan melebihi apa yang kita  duga.

Jika menjadi teladan dengan memberikan contoh yang baik kepada anak

Kita sadar anak di usia enam tahun pertama itu terlihat sebagai mahkluk kecil dan tak tahu apa-apa. Namun ia mengetahui apa yang dilihatnya, sebab ada dua yang sangat peka di dalam diri anak yaitu alat penangkap danbalat peniru.

Maka penting bagi orang tua, agar tetap semangat mendidik anak di usia dini dengan memberi contoh yang baik.

4. Ajarkan anak tentang etika yang baik

Mendidik anak dengan mengajarkan tentang beretika, baik secara umum maupun dalam pergaulannya sangat penting dilakukan di usia enam tahun pertama.

Baca Juga  Kisah Al Baqarah (Sapi Betina) di Zaman Nabi Musa

Seperti contoh umum, membiasakan memberi, mengambil, makan dan minum dengan tangan kanan.

Baca Juga: 7 Kesalahan Mendidik Anak yang Tidak Anda Sadari Selama Ini

Berikut silahkan lihat Ahmad Izuddin Al Bayanuni, Minhaj At Tarbiyah Ash Shalihah, mengajarkan anak tentang etika yang baik.

Mendidik Anak Tentang Etika yang Baik

  1. Dibiasakan mendahulukan bagian kanan dalam berpakaian. Ketika mengenakan kain, baju, atau lainnya memulai dari kanan dan ketika melepas pakaiannya memulai dari kiri.
  2. Dilarang tidur tertelungkup dan dibiasakan tidur dengan miring ke kanan.
  3. Dibiasakan sederhana dalam makan dan minum, dan dijauhkan dari sikap rakus.
  4. Dibiasakan membaca Bismillah ketika hendak makan.
  5. Dibiasakan untuk mengambil makanan yang terdekat dan tidak memulai makan sebelum orang lain.
  6. Tidak memandang dengan tajam kepada makanan maupun kepada orang yang makan.
  7. Dibiasakan tidak makan dengan tergesa-gesa dan supaya mengunyah makanan dengan baik.
  8. Dibiasakan memakan makanan yang ada dan tidak mengingini yang tidak ada.
  9. Dibiasakan kebersihan mulut dengan menggunakan sikat gigi setelah makan, sebelum tidur, dan sehabis bangun tidur.
  10. Dididik untuk mendahulukan orang lain dalam makanan atau permainan yang disenangi, dengan dibiasakan agar menghormati saudara-saudaranya, sanak familinya yang masih kecil, dan anak-anak tetangga jika mereka melihatnya sedang menikmati sesuatu makanan atau permainan.
  11. Dibiasakan mengucapkan dua kalimat syahadat dan mengulanginya berkali-kali setiap hari.
  12. Dibiasakan  membaca  “Alhamdulillah”  jika  bersin, dan mengatakan “Yarhamukallah” kepada orang yang bersin jika membaca “Alhamdulillah”.
  13. Supaya menahan mulut dan menutupnya jika menguap, dan jangan sampai bersuara.
  14. Dibiasakan berterima kasih jika mendapat suatu kebaikan, sekalipun hanya sedikit.
  15. Ketika berjalan jangan mendahului kedua orang tua atau siapa yang lebih tua darinya, dan tidak memasuki tempat lebih dahulu dari keduanya untuk menghormati mereka.
  16. Mengucapkan salam dengan sopan kepada  orang yang dijumpainya dengan mengatakan  “Assalamu Alaikum” serta membalas salam orang yang mengucapkannya.
  17. Diajari kata-kata yang benar dan dibiasakan dengan bahasa yang baik.
  18. Dibiasakan menuruti perintah orang tua atau siapa saja yang lebih besar darinya, jika disuruh sesuatu yang diperbolehkan.
Baca Juga  Wajib Tau! Bacaan Doa Akhir dan Awal Tahun Baru 2022

Kehidupan anak di usianya enam tahun pertama merupakan paling penting, olehnya itu dengan adanya artikel ini semoga kita semua dapat menyadari dan memperhatikan dengan penuh kasih sayang.