Resmi, Fitur Pesan Hilang Otomatis dalam 24 Jam Dirilis WhatsApp

Fitur Pesan Hilang Otomatis dalam 24 Jam Dirilis WhatsApp ( gambar tribunnews.com)
Fitur Pesan Hilang Otomatis dalam 24 Jam Dirilis WhatsApp ( gambar tribunnews.com)

Mulai Senin, 6/12/2021 para pengguna WhatsApp dapat mengatur pesan dalam obrolan supaya bisa terhapus secara otomatis dengan jangka waktu tertentu mulai dari 24 jam, 7 hari hingga 90 hari.

“Kami meluncurkan opsi pesan menghilang baru di WhatsApp hari ini sehingga Anda dapat membuat semua obrolan baru menghilang secara default setelah 24 jam, 7 hari, atau 90 hari. Tidak semua pesan harus bertahan lama,” kata CEO Meta Mark Zuckerberg sebagai perusahaan yang menaungi WhatsApp seperti dikutip 9to5mac.

Dalam sebuah unggahan di blog resmi, WhatsApp mengatakan tujuan dari fitur baru ini adalah untuk “menghubungkan dunia secara privat atau pribadi”.

Fitur pesan hilang ini dapat diaktifkan secara default untuk semua obrolan individu baru dengan masuk ke pengaturan, mengetuk “akun” lalu privasi dan pengatur waktu pesan default

Pesan yang diterima atau dikirim sebelum aktivasi fitur pesan sementara tidak akan terpengaruh, sehingga pengguna masih bisa melihat pesan tersebut.

Para pengguna juga memiliki opsi untuk menonaktifkan setelan fitur ini. WhatsApp juga mengatakan pihaknya tengah menambah opsi baru ini untuk obrolan grup.

Fitur ini pertama kali diluncurkan pada November tahun lalu. Namun, saat itu para pengguna hanya memiliki opsi untuk menghilangkan pesan setelah tujuh hari saja.

Fitur pesan hilang sendiri bisa digunakan di chat pribadi maupun grup. Namun khusus chat di grup, admin dari grup tersebut dapat mengatur agar admin menjadi satu-satunya yang bisa mengaktifkan fitur ini.

Dilansir The Verge, fitur baru ini kabarnya masih terus dikembangkan menurut WABetaInfo.

Baca Juga  WhatsApp, Instagram, Facebook Down Serentak 4 Oktober 2021