Kumpulan Soal Soal PPPK 2021 dan Kunci Jawabannya – KitaLulus

Ingin melatih diri dengan soal soal PPPK 2021? Yuk, simak artikel ini. Sudah lengkap dengan pembahasan dan kunci jawabannya juga!

Sekarang, belajar persiapan tes penerimaan ASN baik CPNS dan PPPK bukanlah hal sulit. Seperti halnya banyak jalan menuju Roma, begitu juga dengan jalan untuk belajar soal soal PPPK 2021 dan kunci jawabannya. 

Kamu bisa memanfaatkan internet untuk belajar latihan soal. Tapi, kamu juga harus selektif memilih contoh soal soal PPPK 2021 dan kunci jawaban, jangan sampai soal yang kamu pelajari tidak sesuai dengan kisi-kisi terbaru yang dikeluarkan Kemenpan RB. 

Berikut ini beberapa contoh soal soal PPPK 2021 dan kunci jawaban sesuai dengan kisi-kisi terbaru yang bisa kamu pelajari untuk persiapan tes:

Pastikan kamu sudah siap menghadapi seleksi kemampuan dalam penerimaan PPPK 2021. Untuk kamu yang sedang mempersiapkan diri, kami berikan amunisi soal soal PPPK 2021 dan kunci jawaban untuk latihan mengasah kemampuan kamu. Berikut ini contoh soalnya:Contoh Soal Teknis

Kompetensi teknis merupakan tes untuk menguji pengetahuan, keterampilan, dan sikap pelamar yang berkaitan dengan bidang teknis jabatan. 

Contohnya, dalam guru, soal-soal kompetensi teknis akan menguji seputar kemampuan pelamar dalam hal membangun sistem ajar maupun sistem penilaian terhadap siswa.

Model pembelajaran abad 21 yang menekankan dihasilkannya produk dan menekankan otonomi belajar sejak mulai merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi hasil belajarnya adalah….. 

A. Pembelajaran berbasis proyek 

C. Bermain peran dan simulasi 

D. Pembelajaran diskusi online 

Menurut Boss dan Kraus, Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PJBL) adalah sebuah model pembelajaran yang menekankan aktivitas siswa dalam memecahkan berbagai permasalahan yang bersifat open-ended dan mengaplikasi pengetahuan mereka dalam mengerjakan sebuah proyek untuk menghasilkan sebuah produk otentik tertentu (Abidin, 2007:167). 

Menurut Thomas, pembelajaran berbasis proyek memiliki beberapa prinsip dalam penerapan-nya, yaitu (Wena, 2011): 

  • Sentralistis : pusat dan strategi pembelajaran
  • Pertanyaan Penuntun: Menuntun siswa untuk menemukan konsep 
  • Investigasi Konstruktif: Merumuskan pengetahuan yang dibutuhkan 
  • Otonomi: Otonomi untuk menentukan target sendiri 
  • Realistis: Pekerjaan nyata yang sesuai dengan kenyataan

Baca Juga  Kumpulan Soal PPPK 2021 Lengkap: Sosio Kultural hingga Manajerial

Seorang pendidik perlu memahami landasan pendidikan. Salah satu manfaat mempelajari landasan pendidikan bagi pendidik adalah…. 

A. Memahami berbagai karakteristik peserta didik sehingga memandang peserta didik sebagai pribadi yang unik 

B. Menumbuhkan sikap berpikir kritis pendidik terhadap perkembangan peserta didik 

C. Membantu pendidik dalam menentukan metode pembelajaran yang tepat digunakan dalam situasi tertentu di kelas 

D. Meningkatkan perkembangan pola pikir dan pola kerja pendidik tentang bagaimana seharusnya melaksanakan praktek pendidikan 

E. Memahami berbagai pasal-pasal dalam UUD dan peraturan yang berlaku di Indonesia terkait dengan pendidikan

Manfaat pemahaman landasan pendidikan:

1. Pengembangan wawasan kependidikan yaitu berkenaan dengan berbagai asumsi yang bersifat umum tentang pendidikan yang harus dipilih dan diadopsi oleh tenaga kependidikan sehingga menjadi cara pandang dan bersikap dalam rangka melaksanakan tugasnya. 

2. Meningkatkan perkembangan pola pikir dan pola kerja pendidik tentang bagaimana seharusnya melaksanakan praktek pendidikan.

Rendahnya partisipasi peserta didik di kelas mendorong seorang guru menyediakan google drive agar karya peserta didik dapat tersimpan dengan baik sehingga memudahkan teman lainnya dalam memberikan sumbang saran terkait karya temannya. Hal ini merupakan mengintegrasikan teknologi pada domain….. 

A. Penilaian terhadap peserta didik 

B. Pemahaman terhadap peserta didik 

D. Pemahaman materi pembelajaran 

Contoh pemanfaatan teknologi untuk penilaian:

– Untuk mengukur pencapaian kompetensi guru menggunakan google formulir agar bisa untuk melihat perolehan Skor secara cepat dan mendapatkan data indikator kompetensi apa yang belum tercapai.

Contoh pemanfaatan teknologi untuk pemahaman peserta didik:

– Untuk mengatasi kebosanan peserta didik saat pembelajaran, guru memanfaatkan game edukatif agar peserta didik Tertarik dengan pembelajaran 

Contoh pemanfaatan teknologi untuk pemahaman materi pembelajaran: 

Baca Juga  Kumpulan Soal PPPK 2021 Lengkap: Sosio Kultural hingga Manajerial

– Rendahnya daya serap peserta didik terhadap kompetensi tertentu mendorong guru memanfaatkan video edukatif Yang terintegrasi youtube dengan maksud agar peserta didik dapat belajar materi secara mandiri di samping di kelas 

Contoh pemanfaatan teknologi untuk pengelolaan pembelajaran: 

– Untuk memudahkan guru dalam menjelaskan materi X guru memanfaatkan slide PPT

Ari adalah anak rajin, memiliki sikap yang baik dan bahkan sering mewakili dalam kegiatan olimpiade sain nasional. Tapi pada hasil laporan belajar dia memiliki 5 nilai yang di bawah KKM. Tindakan Anda sebagai wali kelas adalah… 

A. Siswa tersebut tetap naik kelas dengan pertimbangan peserta OSN 

B. Meminta masukan dari guru guru terkait naik tidaknya 

C. mendiskusikan dengan orang tua ari terkait masalah ini 

D. Tidak naik kelas karena tidak memenuhi kriteria kenaikan kelas 

E. Naik kelas karena sikap Ari baik 

PERMENDIKBUD NO 23 TAHUN 2016 

KI 1 Dan KI2 Kompetensi Sikap Minimal Baik 

KI 3 Dan KI 4 Kompetensi Pengetahuan Dan Keterampilan Tuntas 

Batas Ketidak Tuntasan KI 3 Dan KI 4 Adalah Maksimal 3 Mata pelajaran

Dalam suatu pembelajaran diperoleh data banyak siswa yang tidak aktif maka Anda sebagai guru harus mengubah pendekatan pembelajaran tepat. Pendekatan yang tepat untuk mengatasi hal tersebut adalah… 

B. Membuat pembelajaran bermakna 

D. Pakem konsep, berpikir logis 

E. Terampil dalam membuat kesimpulan

Jawaban: CContoh Soal Manajerial

Kompetensi manajerial merupakan tes untuk menilai penguasaan, pengetahuan, keterampilan, serta sikap pelamar dalam berorganisasi.

Anda merupakan seorang manajer pada sebuah perusahaan. Sudah beberapa bulan ini ada salah satu karyawan yang tidak dapat bekerja dengan baik, bahkan cenderung menghambat aktivitas di perusahaan, banyak pekerjaan yang tertunda karena harus menunggu dia menyelesaikan pekerjaannya, terkadang setelah ditunggu pun hasilnya sangat buruk, padahal Anda sudah memastikan bahwa beban kerja karyawan tersebut sudah sesuai dengan peraturan dan prosedur perusahaan. Perusahaan pun telah memberikan kesempatan beberapa kali untuk perbaikan dan memberi pelatihan, namun setelah diamati tidak ada perubahan sama sekali, yang Anda lakukan… 

Baca Juga  Kumpulan Soal PPPK 2021 Lengkap: Sosio Kultural hingga Manajerial

A. Memberi kesempatan terus sampai dia bisa berubah menunjukkan performa terbaiknya, meski akan mengganggu kinerja perusahaan 

B. Memberikan kesempatan karena setiap karyawan berhak atas hal tersebut 

C. Terpaksa mencari penggantinya agar kinerja perusahaan kembali membaik 

D. Memberhentikannya dan memastikan semua keputusan saya terdokumentasi 

E. Memberhentikan karyawan yang bermasalah tersebut, karena tidak bekerja dengan baik 

Topik kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain, sebagai atasan kita harus mampu mengkoordinir bawahan, memberikan kesempatan untuk perbaikan dan pelatihan namun jika tidak ada perubahan maka seorang atasan harus tegas, karena atasan juga punya tanggung jawab terhadap kemajuan perusahaan yang dikelolanya.

Di divisi tempat Anda bekerja sedang terjadi sebuah masalah yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan dalam menyelesaikan tugasnya. Anda sebagai atasan sudah mencoba untuk berpikir dan memandang masalah tersebut secara objektif dan menganalisis setiap karyawan yang dapat terpengaruh atas masalah tersebut, kemudian yang Anda lakukan….

A. Meminta mereka untuk berpartisipasi lebih baik lagi dan patuh terhadap semua kebijakan yang akan diambil 

B. Menyuruh mereka mematuhi semua kebijakan dan meminta penyelesaian dari masalah tersebut 

C. Meminta masukkan dari mereka dan membuat keputusan secepatnya agar dipatuhi semua karyawan divisi 

D. Membuat keputusan secepatnya dan memberitahu karyawan divisi akan hal tersebut, agar tidak kaget 

E. Meminta masukan dari mereka, melakukan revisi seperlunya, dan kemudian mengajak mereka turut mengimplementasikan rencana yang telah disepakati bersama.