Berita  

Mau Dapat STB TV Digital ? Ini Cara Daftar Penerima STB TV Digital

Cara Daftar Penerima STB TV Digital
Cara Daftar Penerima STB TV Digital

Seperti diberitakan sebelumnya jika pemerintah akan mengubah seluruh siaran TV Analog menjadi siaran TV Digital pada 2 November 2022 mendatang.

Dengan berubahnya siaran tersebut maka masyarakat dapat mengakses siaran TV Digital menggunakan perangkat tambahan yaitu Set Top Box ( STB ). Selain membeli, masyarakat juga akan mendapatkan perangkat STB secara gratis

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) baru-baru ini mengumumkan akan membagikan STB gratis sebanyak 6,7 juta unit kepada masyarakat miskin.

Penyediaan alat bantu penerima siaran (STB) kepada rumah tangga miskin sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 46 Tahun 2021 Pasal 85 ayat 1.

Untuk mendaftar jadi penerima STB gratis dari pemerintah, bisa dengan menggunakan aplikasi Cek Bansos yang dapat didownload di smartphone.

Terdapat syarat-syarat untuk menjadi penerima perangkat STB gratis dari Kominfo:

1. Rumah tangga miskin namun memiliki televisi, serta terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS)
2. Lokasi rumah berada di cakupan siaran televisi yang akan terdampak ASO
3. Memiliki KTP

Kominfo memperoleh data masyarakat miskin yang nantinya diberikan perangkat STB, berdasarkan dara DTKS dari Kemensos. Dengan begitu, cara untuk mendapatkan Set Top Box untuk TV digital yakni terdaftar dalam DTKS.

Jika data yang diberikan Kemensos sudah valid, pemerintah akan mendistribusikan STB gratis dari penyelenggaran mux maupun dari pemerintah.

Cara daftar jadi penerima STB

1. Unduh aplikasi ‘Cek Bansos’ di playstore handphone
2. Siapkan NIK KTP untuk mendaftarkan diri
3. Pilih menu Buat Akun Baru jika anda belum pernah menggunakan aplikasi tersebut sebelumnya, jika sudah langsung masukan username dan password jika sudah memiliki akun.
4. Pilih tambah usulan
5. Isi data nama penerima, NIK, KK, dan Status yang disesuaikan akan dimunculkan otomatis oleh sistem
6. Pilih jenis bantuan sosial yang dibutuhkan yaitu STB.

Baca Juga  Daftar Harga dan spesifikasi Set Top Box TV Digital Tersertifikasi Kominfo 2021

Pembagian Set Top Box gratis

Lewat keterangan tertulis, Kementerian Komunikasi dan Informatika mengatakan ada beberapa cara distribusi Set Top Box gratis.

1. Disalurkan di lokasi tertentu sesuai kesepakatan,
2. Diantar langsung ke rumah penerima bantuan; dan
3. Disalurkan oleh penyelenggara multipleksing di luar cara-cara tersebut.

Pemerintah memprediksi ada sekitar 27 juta keluarga miskin, dengan penghitungan satu keluarga memiliki empat orang anggota, maka diperlukan 6,5 hingga 7 juta unit STB subsidi untuk program ASO.

Perangkat STB menurut Kominfo sudah didistribusikan secara bertahap, sesuai dengan tahapan Analog Switch Off (ASO) di tanah air.

Tahap suntik mati TV digital

Tahapan ASO berlangsung dalam tiga tahap. Pertama 30 April 2022, tahap kedua 25 Agustus 2022, dan tahap ketiga 2 November 2022.

Untuk wilayah ASO tahap I sudah dialokasikan sebanyak 90.695 keluarga penerima bantuan, dengan rincian wilayah siaran Aceh 1 sebanyak 17.046, Banten 1 sejumlah 14.544, Kalimantan Timur 1 sebanyak 29.368, Kalimantan Utara 1 sejumlah 6.818, Kalimantan Utara 3 sebanyak 4.646, dan Kepulauan Riau 1 sejumlah 18.273.

Cara daftar penerima Set Top Box gratis untuk TV digital bisa dilakukan dengan sederet tahapan di atas. STB gratis itu berasal dari penyelenggara multipleksing siaran teresterial digital sesuai wilayah siaran, dan pemerintah akan menambahkan jika jumlah perangkat tersebut tidak mencukupi.