Bakal Dirilis 2022, Ini Bocoran iPhone 14

Jika sesuai jadwal biasanya, ponsel iPhone 14 bakal dirilis 2022. Terdapat sejumlah bocoran spesifikasi calon ponsel jagoan Apple ini. (Foto: Tangkapan layar web apple.com)
Jika sesuai jadwal biasanya, ponsel iPhone 14 bakal dirilis 2022. Terdapat sejumlah bocoran spesifikasi calon ponsel jagoan Apple ini. (Foto: Tangkapan layar web apple.com)

Seperti diketahui jika smartphone terbaru dari Apple yaitu iPhone 13 baru saja diluncurkan namun kabar mengenai iPhone 14 yang bakal dirilis pada tahun 2022 mulai berhembus.

Kali ini iPhone 14 dikabarkan membawa sejumlah pembaruan, mulai dari desain, spesifikasi, hingga layar. Berikut di antaranya:

1. Desain

Smartphone andalan Apple, iPhone memberikan desain anyar pada iPhone 12, dan biasanya mempertahankan desain tersebut selama tiga tahun.

Namun menurut sebuah laporan dari Mark Gurman dari Bloomberg, iPhone 14 akan memiliki desain yang benar-benar baru.

Apple disebut tengah berusaha untuk memperkecil notch di bagian depan layar, dan iPhone 13 sudah mulai melakukan itu dengan notch yang sedikit lebih kecil.

Hal ini memberi kemungkinan iPhone 14 yang dirilis pada 2022 mendatang akan memiliki notch yang lebih kecil lagi, atau bahkan tidak ada notch sama sekali.

Pembocor Jon Prosser menyebut bahwa setidaknya satu model iPhone 14 akan mendapatkan model hole-punch untuk kamera depan, sebagai pengganti notch.

Meski demikian tidak jelas apakah hal ini akan diberikan untuk model ‘Pro’ atau juga model standar. Kemudian menurut Prosser, iPhone 14 Pro akan memiliki teknologi Face ID under display.

Rumor tersebut diperkuat oleh analis Apple Ming-Chi Kuo yang menyebut bahwa Apple akhirnya dapat menghilangkan notch sepenuhnya, setidaknya untuk model Pro kelas atas.

Bagian belakang iPhone 14 mungkin akan sedikit berbeda. Menurut Prosser, model Pro akan mendapatkan susunan kamera model flush, menghilangkan tonjolan kamera besar pada model iPhone sebelumnya.

Lalu di bagian samping, ponsel mungkin akan memiliki tombol volume bulat bergaya iPhone 4. Kemungkinan lain yaitu masih akan ada port Lightning di bagian bawah badan ponsel.

Baca Juga  Xiaomi Telat Rilis Redmi Note 11 di Indonesia, Belajar dari Redmi Note 10

Selain itu, ada kemungkinan munculnya perubahan kecil lain seperti kehadiran satu atau dua warna yang unik, atau tata letak kamera yang berubah.

Pada bagian bodi, menurut catatan investor dari JP Morgan Chase, Apple akan membuat model Pro dengan paduan titanium yang akan membuatnya lebih kuat daripada model generasi sebelumnya.

Lebih lanjut, Analis Apple Ming-Chi Kuo mengatakan bahwa Apple mungkin akan menghapus model ‘Mini’, dan hanya menawarkan dua ukuran yakni 6,1 inci, dan 6,7 inci.

Skema ini masih memungkinkan Apple untuk menawarkan empat iPhone. Jadi, misalnya ada iPhone 14, iPhone 14 Max, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max.

2. Bocoran Spesifikasi iPhone 14

iPhone 14 tentu akan hadir dengan spesifikasi yang lebih baik dari iPhone 13. Jika iPhone 13 hadir dengan chipset A15 Bionic, maka kemungkinan  iPhone 14 hadir dengan chipset A16 Bionic.

Awalnya diperkirakan bahwa A16 akan dibangun pada proses 3nm, namun laporan dari Seeking Alpha mencatat bahwa TSMC telah mengkonfirmasi penundaan dalam produksi chip 3nm.

Dengan kata lain, proses 3nm mungkin tidak tersedia di iPhone hingga iPhone 15. Sehingga iPhone 14 kemungkinan masih dilengkapi prosesor 4nm yang seharusnya menawarkan peningkatan kinerja dibandingkan chip 5nm di iPhone 13.

Selain itu ada kemungkinan iPhone 14 akan mendapatkan sedikit penambahan RAM. Apple tidak benar-benar mempublikasikan berapa banyak RAM yang disertakan di iPhone-nya.

Namun kehadiran RAM ekstra tentu akan memberikan ponsel kemampuan untuk tetap berfungsi baik dalam multitasking, serta mendukung penggunaan aplikasi dan game yang lebih besar.

3. Layar

Perubahan terbesar pada tampilan iPhone telah muncul di iPhone 13, dengan kehadiran ProMotion, atau kecepatan refresh 120Hz yang ada pada iPhone 13 Pro.

Baca Juga  Apple Matikan Transaksi App Store dan iTunes di Rusia

iPhone 14 nanti bisa saja menghadirkan fitur tersebut untuk semua model. Sebuah laporan dari The Elec menyatakan bahwa Samsung dan LG kemungkinan besar akan memasok layar untuk seri iPhone 14.

Apple juga kemungkinan mulai memberi peningkatan pada resolusi layar iPhone. Sebagian besar produsen ponsel menyertakan setidaknya layar 1.440 piksel di ponsel kelas atas mereka, tetapi iPhone 12 masih memiliki layar 1.170 piksel.

Ponsel iPhone yang rilis 2022 juga mungkin akan menjadi momen kelahiran kembali Touch ID di iPhone.

Sebuah laporan menunjukkan bahwa Apple berencana membawa sensor sidik jari dalam layar ke seri iPhone. Laporan awal menunjukkan bahwa teknologi itu mungkin datang ke iPhone 13, namun hal ini tidak terjadi.

Rumor terbaru menyatakan bahwa teknologi ini kemungkinan akan hadir di iPhone 14.

4. Kamera

Kamera pada iPhone 14 juga kemungkinan akan mendapatkan beberapa penyesuaian.

Untuk seri iPhone 13, Apple membawa sensor yang ditawarkan iPhone 12 Pro Max ke model iPhone 13 standar. Sehingga iPhone 14 juga kemungkinan akan mendapatkan peningkatan pada sektor ini.

Menurut rumor terbaru, Apple akan membawa kamera utama 48 megapiksel ke iPhone, yang akan mendukung perekaman video 8K.

Laporan tersebut berasal dari analis Apple Ming-Chi Kuo, yang juga mencatat bahwa Apple dapat membawa lensa periskop ke seri iPhone 15.

Kemungkinan penambagan kamera pada iPhone 14 amat besar. Beberapa produsen smartphone, termasuk Samsung, telah membawa sistem quad kamera ke ponsel kelas atas mereka.

Sehingga tidak menutup kemungkinan Apple akan melakukan hal yang sama. Mungkin Appl akan membawa kamera ketiga ke perangkat kelas bawah, dan kamera keempat ke model Pro.

Baca Juga  Nostalgia Seal Online, Seal M Versi Mobile Segera Rilis di Indonesia

5. Jadwal Rilis

IPhone 13 baru saja diumumkan jadi mungkin Phone 14 baru akan dirilis setahun kemudian.

Dilansir dari BGR, Apple biasanya meluncurkan model iPhone baru sekitar September, dan sepertinya tidak akan berubah dalam waktu dekat. Jadi, serial ini bisa dirilis pada September 2022.

Kemudian untuk harganya, jika Apple menghapus perangkat ‘Mini’, dan mempertahankan harga ponsel standar, maka kita dapat memiliki iPhone untuk setiap kenaikan US$100 dari US$800 (Rp11,3 juta) hingga US$1.100 (Rp15,6 juta).

Dengan kata lain, iPhone 14 kemungkinan akan memiliki harga US$800, iPhone 14 Max US$900, iPhone 14 Pro US$1.000, dan iPhone 14 Pro Max US$1.100.

Sumber CNNIndonesia