Keuntungan Menggunakan Open API Indonesia Untuk Bisnis Online Anda

Keuntungan Menggunakan Open API Indonesia Untuk Bisnis Online Anda
Keuntungan Menggunakan Open API Indonesia Untuk Bisnis Online Anda

Trend Open API Indonesia belakangan ini semakin populer seiring dengan berkembangnya dunia teknologi dan imbas dari pandemi Covid-19 dimana hampir seluruh aktivitas dilakukan secara digital.

Pastinya kalian ingat pada awal-awal kemunculan situs-situs belanja dan bisnis online, transaksi pembayaran terbilang sangat merepotkan dimana setelah membayar produk yang kita beli diwajibkan untuk mengirimkan bukti transfer dan harus menunggu paling cepat 1X24 jam hingga pembayaran selesai diverifikasi .

Oleh karena itu, layanan keuangan serta bank yang ada di Indonesia berlomba-lomba menghadirkan layanan open banking untuk mempermudah pemilik bisnis online dalam melakukan transaksi digital dengan menggunakan teknologi  berbasis Open Application Programming Interface (API)

Dengan hadirnya layanan open banking yang menggunakan teknologi Open API, saat ini pemilik bisnis tidak perlu melakukan verifikasi manual untuk setiap transaksi yang dilakukan oleh pembeli karena semua itu dilakukan secara otomatis berkat adanya teknologi API.

Open API sendiri artinya pihak perbankan memberikan kesempatan kepada IT perusahaan melakukan integrasi system to system, untuk memperoleh manfaat maksimal dari API, seperti melakukan transfer, informasi saldo, mutasi rekening, hingga melihat lokasi ATM.

Sedangkan open banking mempermudah verifikasi akun bank. Para pengguna, diwajibkan mengisi formulir yang ada dengan menyertakan nomor rekening bank yang dimiliki serta nomor kartu debit/kredit yang masih berlaku. Open banking API kemudian melakukan proses verifikasi untuk mengecek apakah nomor rekening bank yang tertera sudah sesuai dengan yang ada pada database bank. Kemudian membuat personal identification number (PIN) untuk digunakan untuk layanan open banking API.

Di Indonesia salah satu bank yang menerapkan sistem open banking berbasis open Api adalah Bank Rakyat Indonesia ( BRI ) yang menghadirkan layanan BRI API untuk memudahkan pemilik bisnis untuk mengintegrasikan situs maupun aplikasi mereka dengan sistem transaksi perbankan milik BRI.

Baca Juga  Authorized Dealer Kaca Film Mobil Jogja - Lumar, 3M, Solar Gard, IceBerg

Mengutip situs BRI API, hingga bulan maret 2021 setidaknya sudah ada 225 partner yang terintegrasi dengan BRI API.

Untuk diketahui, BRI API merupakan Open API pertama di Asia Tenggara yang telah mendapatkan sertifikasi PA-DSS (Payment Application Data Security Standard) dari PCI Security Standard Council di Amerika Serikat.

BRI API memiliki banyak sekali produk  yang mempermudah bisnis Anda dapat melakukan transaksi digital. Adapun Produk-produk dari BRI API sendiri seperti Berikut :

  1. BRI Direct Debit,  Fitur ini mampu menghubungkan Aplikasi yang anda miliki dengan kartu Debit BRI
  2. BRIZZI, Fitur yang memungkinkan pelanggan anda membayar menggunakan kartu BRIZZI
  3. BRIVA, Fitur yang yang memunculkan Kode unik untuk pembayaran langsung dari aplikasi anda
  4. Transfer sesama BRI, Fitur ini membuat transfer ke sesama rekening BRI semakin mudah dan cepat
  5. Transfer Bank Lain, Merupakan fasilitas transfer antar bank tanpa batas dan hambatan langsung dari aplikasi anda
  6. Informasi Mutasi, Dengan adanya fitur ini anda dapt melihat secara realtime informasi mutasi rekening
  7. Informasi Rekening, Fitur yang mempermudah untuk melihat informasi rekening mulai nomor rekening hingga saldo

Tak hanya itu, menggunakan BRI API memungkinkan anda langsung membuat aplikasi sesuai dengan kebutuhan bisnis anda. Aktivasi BRI API juga sangatlah mudah loh, anda cukup melakukan registrasi, membuat aplikasi langsung dari dashboard BRI API, menunggu Verifikasi dan aplikasi kalian sukses terintegrasi dengan BRI API. Kedepannya, BRI juga akan selalu mengembangkan variasi produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan bisnis berbagai skala baik skala kecil, menengah maupun besar.