Ibu Kasur Jadi Google Doodle Hari Ini

Google Doodle menghadirkan sosok Ibu Kasur pada Minggu (16/1). (Tangkapan layar web google.com)
Google Doodle menghadirkan sosok Ibu Kasur pada Minggu (16/1). (Tangkapan layar web google.com)

Google Doodle menghadirkan sosok Ibu Kasur, seorang pencipta lagu anak legendaris pada Minggu (16/1). Sosok ini dihadirkan dalam rangka memperingati hari kelahirannya tepat pada 96 tahun silam.

Sosok yang memiliki nama asli Sandiah adalah seorang pendidik dan penghibur anak. Sosoknya dikenal sebagai figur ibu yang penyabar dan penuh kasih sayang.

Ibu Kasur disebut telah mengajarkan banyak hal tentang nilai moral dan pelajaran hidup untuk generasi muda Indonesia. Hal tersebut ia lakukan melalui berbagai platform, salah satunya sebuah acara TV populer berjudul “Taman Indria”.

Ibu Kasur lahir di Jakarta pada 16 Januari 1926 silam. Dia bergabung dengan Pramuka Indonesia, tempatnya bertemu dengan sang suami, Pak Kasur.

Terdorong oleh kecintaannya terhadap dunia pendidikan anak-anak, Bu Kasur bersama suaminya membuka sekolah bernama TK Mini di kediamannya sendiri pada 1965.

Beberapa tokoh terkenal yang lulus dari taman kanak-kanak ini adalah mantan presiden Megawati Soekarnoputri, Guruh Soekarnoputra, Hayono Isman, dan Ateng Wahyudi. Sekolah miliknya ini menjadi dasar bagi pengabdian seumur hidup Ibu Kasur terhadap dunia pendidikan anak Indonesia.

Ibu Kasur memperluas program pendidikan yang dilakukannya ke seluruh Indonesia saat ia menjadi pembawa acara program anak-anak di Radio Republik Indonesia (RRI).

Selain itu, ia juga memperluas program pendidikannya dengan berperan sebagai ketua Yayasan Setia Balita yang mendirikan empat cabang taman kanak-kanak secara nasional pada 1990-an.

Selain kedua hal tersebut, Ibu Kasur juga aktif mengedit majalah anak, memproduksi film anak, dan membuat puluhan lagu anak-anak.

Sejumlah komposisi pendek Ibu Kasur memiliki ciri khas jika didengarkan dengan seksama. Komposisi tersebut mengecualikan huruf ‘r’ dalam pembuatan lagu anak-anak agar lagu mudah diingat dan diucapkan.

Baca Juga  Ikut Nyebrang, Ratusan Bebek Ini Digiring Naik Kapal

Atas prestasinya sebagai pendidik yang kreatif dan penuh dedikasi, Ibu Kasur dianugerahi Penghargaan Presiden pada Hari Anak Nasional tahun 1988.

Saat ini, masih banyak lagu anak ciptaan Ibu Kasur yang masih dinyanyikan oleh anak-anak di Indonesia. Beberapa di antaranya adalah “Kucingku” dan “Bertepuk Tangan”.

Melansir (lnn/asr)