Polisi Ralat Jumlah Korban Kecelakaan di Balikpapan: 4 Meninggal 1 Kritis

Tangkapan layar dari rekaman CCTv saat kejadian yang beredar.
Tangkapan layar dari rekaman CCTv saat kejadian yang beredar.

Polisi meralat jumlah korban meninggal dunia akibat kecelakaan maut yang diakibatkan truk tronton, di simpang Muara Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur pada Jumat (21/1) pagi.

Data saat ini korban meninggal mencapai empat orang. Sebelumnya, polisi menuturkan bahwa kecelakaan itu mengakibatkan lima orang meninggal dunia.

“Meninggal dunia 4 orang,” ujar Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, Jumat (21/1).

Ia menyebutkan bahwa dalam insiden itu tercatat satu orang masih mendapat perawatan karena sedang kritis. Kemudian, kata dia, ada 21 orang lain yang mengalami luka-luka.

“Kritis 1 orang, luka berat 4 orang, luka ringan 17 orang,” tambah dia.

Dalam insiden itu, Truk tronton dengan nomor polisi KT-8534-AJ semula melaju dari arah Jalan Pulau Balang Km 13, Karang Joang, Balikpapan Utara dengan mengangkut 20 ton kapur pembersih air. Barang itu tersimpan dalam 20 kontainer yang diangkut oleh truk.

Muatan itu hendak diantar ke Kampung Baru Balikpapan Barat. Menurutnya, sopir truk sempat mengurangi porsneling dari 4 ke tiga di depan Rajawali Foto km 0,5 jalur tersebut.

Hanya saja, kendaraan terus melaju akibat rem yang tak berfungsi dengan baik saat melintas. Truk pun menghantam belasan kendaraan yang terhenti karena menunggu lampu merah.

Polisi kemudian mengamankan sopir truk untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Ia diduga melanggar aturan melintas di lokasi tersebut sehingga mengakibatkan kecelakaan.

“Kejadian ini murni pelanggaran yang dilakukan pengemudi truknya. Karena dia ingin cepat sampai di tempat tujuan, dia harusnya memutar. Dia tidak boleh lewat situ,” kata Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Yusuf Sutejo saat dihubungi.

Kecelakaan Tragis Balikpapan Dipicu Rem Blong

Untuk diketahui,

Sebuah truk tronton menabrak beberapa mobil dan motor yang tengah berhenti di lampu merah simpang rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur pada Jumat (21/1) pagi.

Baca Juga  Tinjau Langsung Lokasi Kerusuhan Pekerja di Morowali Utara, Wamenaker Dorong PT GNI Lakukan Perbaikan

“Hasil investigasi petugas di lapangan sementara, dimulai karena adanya truk tronton yang remnya blong,” kata Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Yusuf Sutejo saat dikonfirmasi, Jumat (21/1).

Ia menyebutkan bahwa truk tersebut juga mengangkut beban hingga 20 ton sehingga kesulitan untuk menghentikan lajunya.

Simpang yang menjadi lokasi kecelakaan pun merupakan jalanan turunan yang cukup curam sehingga membuat sopir truk tak bisa menghentikan lajut kendaraannya.

“Dia daya laju kendaraannya tidak bisa dikurangi lagi karena memang jalanannya yang menurun,” tambah dia.

Sutejo mengatakan bahwa kepolisian masih melakukan pendalaman terhadap peristiwa tersebut. Belum diketahui secara rinci mengenai kronologi kecelakaan sejauh ini.

Dari video rekaman CCTV yang beredar, terlihat truk tronton itu menghantam belasan kendaraan yang menunggu lampu merah. Truk sudah terlihat kehilangan kendali sebelum menabrak.

Kendaraan yang terhantam pun langsung terpental ke depan simpang jalan hingga beberapa diantaranya ringsek dan rusak. Truk tersebut pun juga sempat menghantam tiang listrik hingga roboh.

Melansir CNNINDONESIA