Berita  

Barang NFT Teraneh & Termahal Dunia

Foto: akun Twitter Cruxe
Foto: akun Twitter Cruxe

Belum lama ini, Indonesia sempat dihebohkan dengan kabar seorang mahasiswa bernama Sultan Gustaf Al Ghozali yang mendapatkan uang miliaran rupiah dari aset digitalnya di OpenSea, platform terbesar NFT.

Sosok Ghozali ini menjual aset digital dengan konsep foto selfienya berjudul “Ghozali Everyday” yang Ia upload sejak tahun 2017 secara konsisten setiap harinya. Sejak saat itu, NFT mulai ramai diperbincangkan oleh netizen Indonesia.

Ternyata, selain aset digital Ghozali yang dihargai hingga miliaran rupiah, ada produk NFT lainnya yang masuk ke dalam kategori NFT termahal di dunia! Ini dia daftarnya.

NFT Merge karya PakFoto: NFT Merge karya Pak (Doc. akun Twitter Cruxe)

1. The Merge

Pencipta The Merge adalah seniman digital Pak yang sudah dikenal sebagai jawara di dunia NFT. Karya ini pernah dijual pada 2 Desember 2021 dengan 30 ribu kolektor dan memiliki harga hampir US$ 100 juta. Total biaya yang didapatkan dari aset The Merge mencapai US$ 91,8 juta atau setara dengan Rp 1,3 triliun lebih.

2. Everydays: the First 5000 Days

Everydays: the First 5000 Days adalah aset digital berupa kolase gambar dari 5 ribu karya seni Beeple yang dimulai sejak 2007. Aset ini terjual pada 11 Maret 2021 oleh investor cryptocurrency Singapura melalui lelang Christie’s dengan harga sekitar US$ 69,3 juta atau setara Rp 991 miliar.

3. HUMAN ONE

Masih merupakan karya Beeple atau Mike Winkleman, HUMAN ONE merupakan karya potret bergerak yang menggambarkan manusia pertama di dunia metaverse. HUMAN ONE ini terjual pada 9 November 2021 dengan harga US$ 28,9 juta atau setara Rp 426 miliar.

4. CryptoPunk #7523

CryptoPunk #7523 adalah avatar digital yang dihasilkan oleh pengembang berbasis di Kanada yang menjalankan Larva Labs. Aset langka ini berhasil masuk kategori termahal karena merupakan satu-satunya CryptoPunk Alien yang menggunakan masker dan terjual dengan harga US$ 11,75 juta atau Rp 168 miliar lebih.

Baca Juga  Karya Seni Yang Bisa Dijual Selain NFT Selfie dan Cara Menjual NFT Selfi

5. CryptoPunk #3100

Masih dari keluarga CryptoPunk, yakni CryptoPunk #3100 yang berhasil menjadi NFT termahal di dunia sepanjang tahun 2021. Terjual pada 11 Maret 2021, CryptoPunk #3100 dihargai sebesar US$ 7,8 juta atau setara dengan Rp 109 miliar.

6. CryptoPunk #7804

CryptoPunk #7804 pernah menyandang gelar CryptoPunk termahal. Sayangnya hanya untuk sehari saja. CryptoPunk #7804 adalah satu-satunya avatar Alien dengan topi, pipa dan nuansa keren untuk boot. CryptoPunk #7804 terjual dengan harga US$ 7,6 juta atau setara dengan Rp 108 miliar lebih.

Cyberpunk #3100Foto: Cyberpunk #3100 (Doc Akun Twitter Cruxe)

7. Crossroad

Lagi-lagi karya milik Beeple, Crossroad adalah film pendek yang berdurasi 10 detik. Videonya menampilkan orang-orang yang sedang berjalan melewati tubuh besar manusia yang jatuh dengan berbagai tulisan hina di tubuhnya. Harga jualnya mencapai US$ 6,6 juta atau setara dengan Rp 94,4 miliar.

Karya Teraneh yang Dijual di NFT

Aset digital yang dijual di NFT memang memiliki keunikan dan merupakan karya yang berbeda atau disebut sebagai karya out of the box. Selain aset termahal yang sudah disebutkan di atas, ternyata ada loh karya teraneh yang berhasil memiliki harga jual yang tinggi di dunia.

Apa saja karya teraneh itu? Berikut jenis NFT paling aneh yang berharga tinggi di dunia:

1. Tweet Pertama CEO Twitter di 2006

Kicauan atau tweet pertama dari CEO Twitter, Jack Dorsey dijual sebagai aset NFT dengan harga fantastis! Aset tersebut dijual seharga US$ 2,9 juta atau sekitar Rp 41,6 miliar dan dibeli oleh CEO Bridge Oracle, perusahaan blockchain asal Malaysia, bernama Sina Estavi.

2. Parfum Digital

Anda tentu membeli parfum untuk menggunakannya sebagai pewangi tubuh dan pakaian. Namun, Look Labs di Berlin, Jerman menjual parfum dalam bentuk digital yang tidak ada wujud aslinya sebagai NFT.

Baca Juga  Cara Membuat QR Code Check In PeduliLindungi di Sekolah

Parfung yang diberikan nama “Cyber Eau de Parfum” ini merupakan aset wewangian digital pertama di dunia dan disebut-sebut memiliki aroma metaverse. Aset digital ini ternyata dijual seharga US$ 18 ribu atau hampir Rp 260 juta.

3. Tisu Toilet berbalut Bunga

Perusahaan tisu toilet asal Amerika Serikat, Charmin, membuat gulungan tisu toilet digital pertama di tahun 2021 silam. Charmin menambahkan ornamen bunga dan dekorasi warna-warni dengan latar warna biru.

Sekilas mungkin kita berpikir hal tersebut aneh dan hanya berupa gambar. Namun, karya ini berhasil dibanderol dengan harga US$ 4.100 atau hampir sekitar Rp 59 juta.

4. Artikel Mengenai NFT

Ada dua orang penulis yang membahas mengenai mekanisme NFT, platform OpenSea dan cara jual NFT yang menjadikan artikel nya sebagai aset digital yang diperjualbelikan sebagai NFT. Terlihat konyol, namun karya ini berhasil terjual seharga US$ 1.814 atau setara dengan Rp 26 juta.

Uang yang didapatkan dari penjualan aset digital ini disumbangkan kepada International Women’s Media Foundation (MIM).

5. Suara Kentut

Sutradara film dari Brooklyn, Alex Ramirez Mallis menjual aset berupa bunyi kentut yang dipoles dengan balutan seni di mana suara tersebut dibuat menjadi sebuah simfoni. Sutradara tersebut merekam suara kentutnya dan teman-temannya sejak Maret 2020.

Lalu menyusun suara tersebut menjadi simfoni berdurasi 52 menit dan dijual menjadi kalender kentut berjudul “Year of Farts: Master Collection” di OpenSea dengan harga satuan sebesar US$ 85 atau sekitar Rp 1,2 jutaan.

Dari kisah Ghozali, platform OpenSea ternyata dibanjiri oleh pengguna baru dari Indonesia. Mereka mencoba untuk menjual hal-hal yang tak terduga seperti alat dapur, alat makan, botol minum hingga kipas sate tentunya dengan harapan bisa mendapatkan keberuntungan seperti Ghozali.

Baca Juga  Mengapa Maintenance situs web itu penting

Sumber CNBCINDONESIA