7 Cara Mengetahui iPhone Palsu

CR — Sudah bukan rahasia lagi dipasaran ada banyak sekali ponsel berkelas ternyata palsu atau replika salah satunya iPhone

Sebenarnya iPhone tersebut bisa ditemukan di sejumlah marketplace degan deskripsi bertuliskan HDC. Kamu juga bisa mengecek ciri barang tersebut sendiri jika tak menemukan deskripsi ponsel palsu.

Berikut beberapa ciri-ciri iPhone palsu, Kutip dari CNBC Indonesia, Senin (31/1/2022):

Harga

Salah satu yang paling terlihat adalah harga. Barang palsu itu akan dijual jauh di bawah harga asli iPhone. iPhone dikenal sebagai ponsel kelas atas dengan harga yang mahal berkisar 12 juta ke atas. Namun barang HDC biasanya jauh di bawah itu, pantauan CNBC Indonesia berkisar Rp 1,5 juta hingga Rp 2 juta.

Tampilan Fisik

Indian Express menuliskan jika perangkat keras terasa tipis sudah dipastikan itu ponsel palsu. Perangkat aslinya akan terbuat dari logam dan kaca dan punya sentuhan akhir matte.

Selain itu juga perhatikan posisi tombol dan logo. konektor di bagian bawah dan juga warna. Untuk warna biasanya iPhone akan menjualnya dengan warna tertentu dan mereplikasi skema warna tertentu tidak mudah.

Kunjungi Apple Store

Cek Apple Store dan lihat tampilan di dalamnya. Selain itu juga bisa mengunjungi situs resmi Apple untuk melihat spesifikasi dan fitur penting dari iPhone asli.

Periksa IMEI

Semua iPhone asli harus punya IMEI atau nomor seri. Ini bisa dicek di Settings > General > About, lalu scrool layar hingga melihat nomor IMEI.

Periksa OS

iPhone menggunakan sistem operasi iOS yang dirancang Apple. Namun iPhone palsu akan ditenagai oleh Android namun diubah bagian luarnya seperti iOS.

Periksa Siri

Bisa juga meminta penjual menunjukkan apakah Siri berfungsi atau tidak. Siri merupakan asisten suara yang hanya berfungsi di perangkat Apple, jadi jika tidak bisa maka ponsel itu palsu.

Baca Juga  iOS 15.2 Resmi Meluncur, Cek Yuk Update dan Fitur Barunya

Kapasitas Penyimpanan

Apple tak pernah membekali iPhone dengan slot kartu microSD. iPhone yang menawarkan perluas kapasitas penyimpanan maka itu ponsel palsu.