Cara Cek Garansi iPhone

Apple memberikan garansi atau jaminan perlindungan perangkat keras dan layanan servis di semua produk iPhone yang asli. Apple bakal memberikan garansi itu selama satu tahun yang terhitung sejak tanggal pembelian awal.

Garansi berlaku apabila pengguna mendapatkan cacat materi atau cacat produksi karena kesalahan pabrik di produk iPhone yang asli. Jadi selain iPhone asli, seperti iPhone HDC atau abal-abal, tidak bakal mendapat garansi dari Apple.

Garansi iPhone bisa dicek untuk mengetahui masa aktifnya. Layanan check coverage iPhone atau cek garansi iPhone bisa diakses di menu pengaturan perangkat atau situs web Apple.

Selengkapnya, simak cara cek coverage iPhone berikut ini:
Cara cek garansi iPhone lewat menu pengaturan perangkat

Klik ikon gerigi roda untuk mengakses menu pengaturan perangkat
Kemudian, klik opsi "Umum" atau "General
Pilih opsi "Mengenai" atau "About"
Setelah itu, klik opsi "Limited Warranty" atau "Garansi Terbatas"
Dalam opsi ini, bakal muncul tanggal masa berlaku garansi terbatas yang diberikan Apple pada iPhone Anda.
Apabila masa berlaku garansi terbatas telah habis maka tidak akan muncul tanggalnya dan bakal terdapat peringatan "Perlindungan Berakhir".

Cara cek garansi/coverage iPhone lewat situs Apple

Buka situs web ini checkcoverage.apple.com di browser iPhone
Kemudian masukkan nomor seri iPhone Anda
Nomor seri iPhone bisa diperoleh lewat opsi "Mengenai" dalam menu "Umum" di pengaturan perangkat
Selanjutnya, masukkan kode captcha di kolom yang tersedia, lalu klik opsi "Lanjutkan"
Setelah itu, bakal muncul informasi mengenai keaslian model dan masa garansi iPhone Anda
Apabila masa garansi telah habis maka bakal muncul ikon tanda seru di situs tersebut.

Dua ilustrasi di atas, menandakan bahwa iPhone tidak lagi memiliki garansi Apple aktif. Cara di atas dijajal menggunakan iPhone dengan versi sistem operasi iOS 15.2 dan browser Safari. Beda versi iOS dan browser, mungkin bakal beda juga tampilan dan letak opsinya.

Baca Juga  Samsung Galaxy A32 Vs Galaxy A12 – Jauh Bedanya?

Garansi iPhone bakal meliputi dukungan konsultasi permasalahan perangkat dan dukungan servis perangkat. Konsultasi perangkat bisa dilakukan lewat call center Apple, sedangkan servis perangkat dilakukan oleh teknisi resmi Apple.

Apabila terdapat permasalahan pada Phone yang bersumber dari kesalahan pabrik maka perbaikan atau servis dapat diperoleh secara cuma-cuma alias gratis.

Untuk mendapatkan servis perangkat saat masa garansi masih aktif, Anda bisa membawa iPhone yang cacat produksi itu langsung ke lokasi gerai resmi Apple atau rekanannya.

Klaim garansi iPhone di Indonesia dapat diperoleh di semua gerai iBox, Digimaps, dan peritel rekanan resmi Apple lainnya. Hanya iPhone dengan pembelian di peritel resmi Apple yang bisa mendapatkan layanan klaim garansi di Indonesia.

Sedangkan, iPhone yang berasal dari non-distributor resmi, klaim garansi biasanya bakal dibantu oleh gerai masing-masing. Itulah cara cek garansi iPhone, semoga bermanfaat.