Berita  

Duh Data Situs JDIH BSSN Diduga Bocor

Dugaan kebocoran data kembali terjadi di Indonesia. Kali ini, data di situs Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) milik Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) diduga bocor dan dibagikan di forum online Raid Forums baru-baru ini.

JDIH BSSN sendiri adalah laman yang berisi informasi hukum seperti peraturan perundang-undangan dan bahan dokumentasi hukum lainnya yang berkaitan dengan BSSN, termasuk keputusan kepala, peraturan kepala, hingga peraturan BSSN.

Adapun sosok yang membocorkan data ini merupakan anggota forum online Raid Forums dengan nama akun “p0L1cy”. Dalam sebuah posting, ia membagikan data sebesar 1,09 GB secara cuma-cuma alias gratis.

Pengguna bisa mengunduh data tersebut melalui sebuah tautan (link) yang disediakan. Ketika link diklik, pengguna akan dialihkan ke laman baru dengan URL “anonfile.com”.

Di sana pengguna akan melihat data bernama “jdih-bssn-go-id.zip” sebesar 1,09 GB beserta tautan untuk mengunduhnya.
Diduga berasal dari situs JDIH BSSN

Dalam deskripsi, data tersebut diklaim berisi sumber kode (source code) dan database dari situs JDIH milik BSSN dengan URL jdih.bssn.go.id.

Dugaan kebocoran data pada situs JDIH BSSN ini, diperkuat dengan temuan Afif Hidayatullah, seorang peneliti keamanan siber independen yang juga seorang bug hunter (pemburu celah keamanan internet).

Terkait dugaan kebocoran data ini, Afif mencoba untuk memvalidasi, apakah data yang dibagikan p0L1cy benar berasal dari situs JDIH BSSN atau bukan.

Caranya, Afif mengunduh data 1,09 GB yang dibagikan p0L1cy, lalu memeriksa database dari data yang didapatkannya dari RaidForums.

Nama dokumen dalam database JDIH yang dibagikan p0L1cy dikenali Google berasal dari situs jdih.bssn.go.id.(dok. Afif Hidayatullah)

Kemudian, Afif mengecek salah satu dokumen bernama “2016/02/PERKA-NOMOR-1-TAHUN-2010-danLampiransigned.pdf” yang tercantum dalam database. Dokumen itu lalu ditelusuri di mesin pencarian Google.

Sumber/Melansir Kompas.com Data Situs JDIH BSSN Diduga Bocor dan Dibagikan Gratis di Internet

Baca Juga  Daftar Harga dan spesifikasi Set Top Box TV Digital Tersertifikasi Kominfo 2021