Islami  

Keutamaan Bulan Rajab

Kalender Hijriah memasuki bulan Rajab yakni salah satu bulan haram atau bulan yang mulia dalam Islam. Terdapat sejumlah keutamaan bulan Rajab.

Berdasarkan ketetapan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), tanggal 1 bulan Rajab 1443 Hijriah jatuh bertepatan dengan hari Kamis (3/2). Bulan Rajab akan berakhir pada 4 Maret dan dilanjutkan dengan bulan Sya’ban.

Keutamaan Bulan Rajab

1. Bulan haram

Bulan Rajab merupakan bulan yang mulia karena termasuk dalam bulan haram. Terdapat 4 bulan dalam kalender Islam yang dikategorikan sebagai bulan haram yakni Muharram, Dzulqa’adah, Dzulhijjah, dan Rajab.

Sesuai dengan firman Allah SWT dalam surat At-Taubah ayat 36, pada bulan haram, umat Islam dilarang menganiaya diri sendiri. Di bulan ini juga tidak boleh perang.

Setiap perbuatan dosa diberi hukuman yang besar. Sebaliknya, setiap amalan juga dibalas lebih besar.

2. Bulan Allah

KH Wahyul Afif Al-Ghafiqi menjelaskan bulan Rajab disebut sebagai bulan Allah.

“Rasulullah SAW mengatakan Rajab adalah bulan Allah, Sya’ban adalah bulanku, dan Ramadan adalah bulannya umat,” kata Wahyul Melansir CNNIndonesia.com pada 2020 lalu.

3. Isra’ Mi’raj

Salah satu peristiwa penting dalam agama Islam yakni Isra’ Miraj terjadi di bulan Raja. Isra’ Miraj terjadi pada malam ke-27. Di malam itu, Nabi Muhammad melakukan perjalanan menuju langit ketujuh atau Sidratul Muntaha. Saat perintah salah wajib diturunkan.

4. Bulan bertobat

Wahyul menjelaskan bulan Rajab merupakan bulan yang dianjurkan untuk bertobat.

“Ini bulan yang pas untuk bertobat, segeralah bertobat,” kata Wahyul.

Allah SWT akan mengampuni dosa hambanya yang bertobat dengan sungguh-sungguh.

5. Semakin dekat dengan bulan Ramadan

Saat bulan Rajab datang, artinya Ramadan segera tiba. Setelah bulan Rajab, ada bulan Sya’ban, lalu bulan Ramadan. Rasulullah bahkan menganjurkan umat Islam untuk berdoa di bulan Rajab agar dipertemukan dengan bulan 1000 bulan yakni bulan Ramadan.

Baca Juga  Apa Sih Perbedaan Ar-Rahman dan Ar-Rahim?

Memasuki bulan Rajab berarti semakin dekat dengan bulan Ramadan. Setelah bulan Rajab akan ada bulan Sya’ban, lalu bulan Ramadan.

Untuk mendapatkan keutamaan bulan Rajam ini, umat Islam dianjurkan untuk banyak beribadah dan melakukan amal saleh.