Cara Mengonversi Gambar Dengan Tulisan Tangan ke Teks Menggunakan OCR?

Cara Mengonversi Gambar Dengan Tulisan Tangan ke Teks Menggunakan OCR?
Cara Mengonversi Gambar Dengan Tulisan Tangan ke Teks Menggunakan OCR?

Di dunia digitalisasi ini, ada banyak sekali alasan untuk mengubah gambar teks tulisan tangan menjadi bentuk digital. Anda mungkin seorang siswa yang perlu membuat tugas dari catatan tulisan tangan.

Atau Anda mungkin seorang pengusaha yang ingin memindahkan catatan tulisan tangannya ke database digital. Apa pun profesi Anda, Anda harus menggunakan alat OCR untuk melakukan fungsi ini.

Artikel ini adalah semua tentang pengenalan karakter optik dan bagaimana mengubah gambar dengan tulisan tangan menjadi bentuk lembut. Tapi pertama-tama, mari kita bahas beberapa dasar.

Apa itu OCR?

Ini adalah akronim untuk pengenalan karakter optik. Ocr adalah teknologi yang mengenali teks di dalam gambar. Teks ini kemudian dapat dimanipulasi untuk berbagai kegunaan.

Alat yang kami gunakan di OCR juga disebut pengubah gambar ke teks karena alat ini mengubah gambar dengan teks tulisan tangan menjadi bentuk digital.

Berbicara secara singkat tentang sejarahnya, Ocr adalah buah dari evolusi jangka panjang dalam komunikasi data dan perangkat pengenalan.

Semuanya dimulai dengan Dr. Optofon Edmund. Itu adalah alat pengenalan teks yang dirancang untuk orang buta.

Ketika seseorang memindahkan perangkat di atas teks tertulis, itu menghasilkan suara yang sesuai dengan karakter ini.

Kemudian pada akhir 1910-an, Emmanuel Goldberg merancang perangkat lain yang mengubah teks menjadi kode morse. Itu adalah langkah lebih jauh dalam pengembangan OCR saat ini.

Kemudian komputer generasi pertama menggunakan mekanisme memberi makan dan mengenali laporan penjualan melalui kartu punch. Kita dapat mengatakan bahwa itu adalah alat OCR pertama yang dibuat untuk Reader’s Digest.

Baca Juga  Apa Itu Ransomware yang Berhasil Masuk Sistem Keamanan Siber BI dan Bahayanya

Perjalanan tidak berhenti di situ, namun, ada banyak tonggak pencapaian hingga alat pengenalan teks tulisan tangan berbasis AI saat ini.

Bagaimana cara alat gambar ke teks mengonversi gambar dengan tulisan tangan?

Konverter gambar ke teks modern menggunakan algoritme AI

Anda dapat dengan mudah menemukan alat gambar ke teks di internet. Buka situs web dan temukan kotak input. Unggah atau salin-tempel gambar ke dalam kotak input.

Setelah gambar diunggah, klik tombol ekstrak untuk mengekstrak teks darinya. Anda akan mendapatkan teks tulisan tangan ke dalam bentuk lunak.

Cara Mengonversi Gambar Dengan Tulisan Tangan ke Teks Menggunakan OCR?

Dengan demikian, ada banyak kerumitan di balik konversi ini. Pada kenyataannya, alat ini bekerja melalui beberapa langkah untuk mengekstrak teks dari gambar.

Mari kita lihat bagaimana ia melakukan ekstraksi teks dari gambar.

Ø  Tahap pra-pemrosesan:


Tahap ini melibatkan semua penyesuaian yang diperlukan untuk mendapatkan gambar teks yang jelas dan terdefinisi dengan baik. Sebelum ekstraksi teks utama, Anda harus melakukan binarisasi, de-skewing, tokenization, dan proses lain yang dapat meningkatkan resolusi gambar.

Tahap ini sebenarnya membantu alat untuk mengonversi jpg ke teks dengan efisiensi dan produktivitas tinggi. Jadi pertama gambar diubah menjadi dua warna- hitam dan putih.

Ini disebut binarisasi dan digunakan untuk membedakan teks dari latar belakang. Jadi, alat ini dengan mudah mengidentifikasi ekstraksi dari bagian non-ekstraksi gambar.

Kemudian perangkat menghapus semua baris dan bagian non-mesin terbang dari teks. Ini semakin meningkatkan kejernihan gambar dan membantu Anda mengurangi noise pada gambar.

Teks tulisan tangan sering dimiringkan karena tidak dibuat dengan mesin. Oleh karena itu Anda perlu menyelaraskan teks pada sumbu horizontal untuk mendapatkan teks yang terstruktur.

Baca Juga  Rekomendasi DNS Premium 2021 Wajib Di Coba

Dengan demikian, alat ini menggunakan teknik de-skewing untuk memutar teks searah jarum jam atau berlawanan arah jarum jam untuk mengatur teks pada sudut kanan.

Setelah teks menjadi jelas dan diformat dengan baik, teks siap untuk diekstraksi.

Ø  Tahap pengolahan:

Tahap pengolahan khususnya untuk teks tulisan tangan cukup kompleks karena melibatkan algoritma deep learning.

Jadi, perangkat terlebih dahulu dilatih dengan beberapa kumpulan data untuk membuat AI di dalamnya. Seperti yang Anda ketahui, tulisan tangan tidak memiliki gaya font tunggal.

Setiap orang memiliki gaya penulisan yang berbeda-beda. Beberapa orang memiliki gaya penulisan yang bagus yang tampak seperti seorang kaligrafi. Sementara orang lain seperti saya, menulis seolah-olah seorang dokter menulis resep.

Jadi, menjadi sangat sulit bagi alat OCR untuk mengenali dan mengekstrak kata-kata yang tepat dengan presisi 100%.

Namun pada umumnya tool ini menggunakan ekstraksi fitur untuk mengekstrak fitur dari setiap karakter. Ini membedah setiap karakter untuk menemukan jumlah sudut, garis, dan permukaan lengkung.

 Jika Anda memiliki beberapa gambar yang berisi teks tulisan tangan dan ingin mengubahnya menjadi bentuk yang dapat diedit, Anda dapat menggunakan pengonversi jpg ke teks online.

Algoritme AI apa yang digunakan OCR untuk teks tulisan tangan?

Dengan munculnya pembelajaran mendalam, ekstraksi teks menjadi tugas yang sangat sederhana. Ada kumpulan data yang berbeda dari data alfanumerik.

Data ini berisi angka dan abjad tulisan tangan. Beberapa di antaranya adalah kumpulan data MNIST dan NIST. Anda harus melatih perangkat dengan pembelajaran mendalam.

API yang digunakan adalah Keras dan TensorFlow. Namun, mereka bukan pengecualian. Anda dapat menggunakan model pembelajaran mendalam lainnya untuk melatih alat ekstraksi fitur terlebih dahulu.

Baca Juga  Kuota Kemendikbud Jadi Kuota Utama ? Apakah Bisa di 2021

Kata-kata terakhir:

Jika Anda ingin tahu, bagaimana OCR mengubah teks tulisan tangan menjadi bentuk digital, Anda harus memperhatikan petunjuk di atas.

Alat gambar ke teks menggunakan algoritme AI yang dilatih dengan model pembelajaran mendalam untuk mengekstrak teks dari gambar dengan presisi tinggi.