Ketupek Bengkulu, Inovasi Digital Tingkatkan Akses Konsultasi

Bengkulu- Dalam rangka meningkatkan akses konsultasi pelayan publik, Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Bengkulu mengadakan program Konsultasi Untuk Pelayanan Publik Provinsi Bengkulu yang disingkat menjadi Ketupek Bengkulu. Program ini sebagai inovasi yang dirancang oleh keasistenan penerimaan dan verifikasi laporan guna meningkatkan akses masyarakat untuk berkonsultasi terkait pelayanan publik. Ketupek Bengkulu artinya ialah ketupat Bengkulu yang merupaka tradisi dan makanan yang disajikan khususnya saat hari raya sehingga namanya akrab bagi masyarakat Bengkulu.

Program Ketupek Bengkulu terdiri dari beberapa tahap kegiatan, pertama menghimpun konsultasi masyarakat menggunakan media google form dengan menggunakan link dan QR Code yang telah disebarkan melalui semua media sosial perwakilan Bengkulu. Dengan bantuan link dan QR Code tersebut memudahkan masyarakat yang ingin berkonsultasi tidak perlu datang ke kantor perwakilan cukup melalui ponsel masing-masing dapat langsung berkonsultasi dengan mengisi google form tersebut.

Kedua, tindaklanjut konsultasi pelayanan publik yang telah dikumpulkan menggunakan media google form akan ditindaklanjuti secara langsung dengan beberapa cara, diantaranya menghubungi langsung masyarakat yang berkonsultasi dengan menggunakan kontak WA Center Perwakilan Bengkulu yang selanjutnya hasilnya apakah akan dilanjutkan ketahap laporan atau dijadikan konsultasi pelayanan publik. Ombudsman Perwakilan Bengkulu bersama stakeholder terkait akan menjawab langsung konsultasi masyarakat melalui media Facebook Live dengan akun Facebook resmi Perwakilan yaitu Ombudsman RI Bengkulu dan langsung mengundang beberapa masyarakat yang ingin berkonsultasi untuk hadir secara daring dalam kegiatan tersebut untuk menyampaikan keluhannya langsung kepada ombudsman dan stakeholder terkait. Dalam kegiatan ini juga masyarakat dipersilahkan untuk komen di Facebook Live dan langsung dijawab oleh ombudsman dan stakeholder terkait.

Kepala Perwakilan Ombudsman Bengkulu, Herdi Puryantyo menyampaikan bahwa program ini merupakan inovasi dari ombudsman Bengkulu untuk meningkatkan akses konsultasi pelayanan publik sekaligus memenuhi target konsulltasi yang telah ditetapkan kantor pusat. “Inovasi ini diharapakan dapat meningkatkan akses masyarakat sehingga jumlah konsultasi di perwakilan dapat memenuhi target yang telah ditetapkan pusat” Ujar Herdi.

Baca Juga  Soal Cip dalam Vaksin Covid-19, Wiku: Kabar Itu Hoaks

Ketupek Bengkulu merupakan program yang mengoptimalkan media sosial dan digital, sebagai media kekinian yang menyentuh semua kalangan khususnya kalangan milenial. Media sosial dan digital sangat cocok dioptimalkan khususnya dimasa pandemi seperti sekarang karena dengan digital dan media sosial meminimalisis kontak langsung yang merupakan bagian dari pencegahan penularan covid-19. “Inovasi dari program ini karena menggunakan digital dan media sosial yang cocok tuk menarik kalangan milineal dan di masa pandemi seperti sekarang”. Pungkas Herdi.

Ombudsman Bengkulu berharap masyarakat dapat memanfaatkan program Ketupek Bengkulu ini dengan membuka link https://bit.ly/KonsultasidanPengaduanOmbudsmanBengkulu, kemudian mengisi sesuai panduan pada link tersebut. Konsultasi akan langsung ditindaklanjuti sebagai bentuk pelayanan Ombudsman Bengkulu sehingga masyarakat tidak perlu jauh-jauh ke kantor perwakilan mengingat juga sekarang kota Bengkulu sudah masuk ppkm level 3. “Masyarakat silahkan memanfaatkan link tersebut guna berkonsultasi maupun melapor mengingat kota Bengkulu sudah masuk ppkm level3” tutup Herdi.