Aplikasi Livin Tumbang, Akun Palsu Bank Mandiri Serbu Warganet

CRCOID – Tumbangnya aplikasi Livin Mandiri pada Jumat (25/22/2022) rupanya tidak hanya memantik ramainya keluhan dari para pengguna atau nasabah Bank Mandiri. Akun-akun palsu Bank Mandiri juga memenuhi sosial mengincar para nasabah yang kebingungan.

Seperti dipantau CRCOID dari Jakarta, sejumlah besar pengguna Livin Mandiri memanfaatkan Twitter untuk melaporkan kendala pada aplikasi Livin yang hingga Jumat malam masih bermasalah.

Sayangnya keluhan warganet pengguna Livin itu diserbu oleh akun-akun Bank Mandiri palsu yang menggunakan logo dan nama akun Bank Mandiri. Akun-akun tersebut diduga sebagai bot dan bertujuan untuk menipu dengan cara phising.

Phising adalah jenis penipuan online yang sangat sering terjadi di Indonesia. Para pelaku kejahatan ini biasanya mengincar data-data pribadi dan data terkait rekening, seperti nomor rekening, nomor kartu ATM, dan password. Ujungnya-ujungnya pelaku akan menguras rekening korban.

Baca Juga:
Aplikasi Livin Alami Gangguan, Bank Mandiri Jelaskan Penyebab Masalahnya

Beberapa akun palsu Bank Mandiri di Twitter yang dipantau CRCOID adalah:

  • Bank Mandiri – @Pusat _layanan
  • Mandiri Caree – @yesni_da
  • MandIri Care -@MandIricarre
  • Mandiri Care – @CSBANKMANDlRl00
  • Mandiri Care – @mandiricare142

Sebenarnya masih banyak lagi akun palsu yang mencatut nama Bank Mandiri di tengah kebingungan warganet akibat tumbangnya Livin Mandiri. Akun-akun itu rata-rata menawarkan solusi dan memberikan nomor kontak WhatsApp untuk dihubungi oleh nasabah.

Berikut adalah contoh cuitan akun-akun Bank Mandiri abal-abal saat me-reply keluhan para pengguna Livin Mandiri di Twitter. Selalu di akhir cuitan mereka memasukkan link yang jika diklik akan membawa warganet ke aplikasi Whatsapp.

“Hai kak.. Mohon maaf atas kendala yang di alami, untuk informasi bantuan silahkan lanjut WhatsApp kami link di bawa ini untuk segera kami bantu.. Tks Bella -“

Baca Juga  AMD Mengumumkan Tiga Kartu Grafis Radeon RX 6000 Series Baru dan Sasar Gamers

Pada admin Bank Mandiri memang dipaksa untuk bekerja lebih keras akibat serbuan akun-akun abal-abal ini. Sembari menjawab keluhan para pengguna Livin yang bingung, admin-admin Bank Mandiri terus mengingatkan para pengguna Livin bahwa akun-akun Twitter resmi Bank Mandiri

Baca Juga:
Diserbu Warganet Karena Aplikasi Livin Error, Bank Mandiri Beri Jawaban Seragam

Sebagai informasi, akun resmi Bank Mandiri terdapat centang biru (verified) yang hanya terletak di sebelah kanan nama akun dan bukan dalam gambar profile picture,” jelas akun Twitter resmi Bank Mandiri dalam setiap cuitan saat menanggapi keluhan pengguna Livin.



Source link