Terima Dubes Inggris, Menkominfo Bahas Pembangunan Satelit Satria-2

CRCOID – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menerima kunjungan Duta Besar Inggris untuk Indonesia, ASEAN, dan Timor Leste H.E Owen Jenkins, dan keduanya kemudian membahas kerja sama terkait pembangunan Satelit Indonesia Raya 2 atau Satelit Satria-2.

“Hari ini saya dikunjungi oleh Duta Besar Inggris untuk Indonesia Owen Jenkins. Menindaklanjuti diskusi atau pembicaraan tentang UK Export Finance untuk mendukung Satria-2,” ujar Plate dalam siaran persnya, Jumat (25/2/2022).

Menurut Plate, Satria-2 akan dibangun Airbus dan merupakan High Throughput Satellite (HTS) kedua milik Indonesia dengan kapasitas dirancang seperti Satelit Satria-1 sebesar 150Gbps.

Dalam perbincangannya itu, kehadiran Satria-2 akan didukung oleh Pemerintah Inggris untuk memperkuat layanan satelit bagi Indonesia.

Baca Juga:
Sebanyak 11 Stasiun Bumi di Bangun untuk Dukung Satelit Satria-1

Untuk menyambut baik rencana itu, Menkominfo memastikan dirinya akan bertandang ke Inggris dan membahas lebih lanjut bersama Airbus serta Pemerintah Inggris untuk kehadiran Satria-2.

Lebih lanjut, Plate mengatakan Satria-2 telah masuk dalam Green Book Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

“Sehingga skema yang dilakukan dimungkinkan melalui direct lending ke pemerintah Indonesia. Untuk itu, dokumen-dokumen pembiayaannya nanti akan dibicarakan antara UK Export Financing dengan Kementerian Keuangan. Karena hal ini untuk meningkatkan kerja sama ekonomi antara Indonesia dan Inggris,” jelasnya.

Duta Besar Owen Jenkins mengapresiasi pertemuan dengan Menkominfo. Menurutnya pertemuan ini akan memperkuat jalinan kerja sama antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Inggris, khususnya di sektor teknologi informasi dan komunikasi.

“Pemerintah Inggris dan perusahaan Airbus yang didukung melalui pembiayaan UK Export Financing dapat membantu Pemerintah Indonesia dalam menyiapkan kebutuhan akses internet,” ujar Owen.

Baca Juga:
Pemerintah Berencana Bangun 11 Stasiun Satelit Bumi Dukung Operasional Satelit SATRIA-1

Baca Juga  Ajak Masyarakat Raih Tujuan Hidup Finansial Lebih Baik, Jenius Gelar Program Langkah Kecil Hari Ini

Duta Besar Owen Jenkins menyambut baik rencana kunjungan Menteri Plate ke Inggris ke Inggris. Plate dijadwalkan akan menghadiri Global System for Communication Association International Communication Union Congress (GSMA ITU Congress). Selain itu, Menkominfo juga melakukan lawatan kerja ke Spanyol dan Prancis. [Antara]



Source link