Apakah Video Reels Instagram Bisa Diarsipkan Atau Disembunyikan?

Apakah Video Reels Instagram Bisa Diarsipkan Atau Disembunyikan Header[Ilustrasi: Pixabay]

CRCOID. – Tidak ingin kalah dengan jejaring sosial lainnya, Instagram telah menghadirkan fitur Reels yang memungkinkan pengguna untuk dapat mengunggah video pendek layaknya TikTok atau SnackVideo.

Namun ada waktunya terkadang dari kamu ingin mengarsipkan atau menyembunyikan beberapa video Reels yang sudah tidak terpakai agar halaman Profile terlihat lebih rapi dan nyaman dipandang.

Berbeda dengan Post dan Story yang memiliki fitur Archive, Reels pada Instagram sayangnya tidak dapat diarsipkan sama sekali. Namun kamu dapat menggunakan alternatif lain apabila Reels benar-benar ingin disembunyikan agar tidak dapat dilihat oleh pengguna lain.

Cara Menyembunyikan Sementara Reels Instagram

Hapus Reels di Instagram

  1. Buka Instagram di handphone dan login akun
  2. Sentuh menu Profile berikon foto profil di bagian kanan bawah
  3. Pilih tab Reels
  4. Cari dan pilih video Reels
  5. Tekan tombol Options berikon titik tiga di bagian kanan bawah
  6. Pada menu pop-up yang muncul, tekan tombol Delete

Setelah terhapus, maka secara otomatis video Reels milikmu tidak akan terlihat di halaman Profile lagi. Dengan kata lain, video Reels tersebut sudah tidak dapat diakses oleh orang lain.

Untuk bisa mengakses dan melihat video Reels yang dihapus tadi, maka kamu harus melihatnya pada menu Recently Delete yang mana berisikan konten-konten yang baru kamu hapus.

Melihat Kembali Reels Terhapus

  1. Pada halaman Profile Instagram, pilih menu Options berikon tiga garis di bagian kanan atas
  2. Pada menu pop-up yang muncul, pilih menu Your activity
  3. Selanjutnya, pilih Recently Deleted
  4. Tuju tab Reels dan cari video yang telah dihapus tadi

Sebagai catatan, Reels yang ada di Recently Deleted hanya tersedia selama 30 hari sebelum dihilangkan oleh sistem selamanya. Untuk mengakalinya, kamu dapat melakukan restore Reels pada hari ke-29 dan menghapusnya kembali sehingga memperpanjang masa waktu untuk disembunyikan.

Baca Juga  Salip iPhone 12, Samsung Galaxy A12 Jadi Ponsel Terlaris di Dunia selama 2021

Namun itu tentunya membutuhkan kamu untuk mengingat sendiri waktu yang tepat sehingga perlu hati-hati. Secara bawaan Instagram memang disayangkan tidak menyediakan fitur untuk mengarsipkan Reels.

Apalagi sekarang Reels menjadi salah satu konten yang cukup banyak dilihat oleh pengguna Instagram. Hal ini memang wajar mengingat pergeseran hiburan pengguna media sosial saat ini yang lebih ke arah hiburan yang audio visual pendek.

Ditambah lagi Reels biasanya menghadirkan video pendek dengan banyak kategori mulai dari hiburan, komedi, edukasi, panduan wisata, panduan kuliner, memasak, dan masih banyak lagi yang dikemas secara menarik.

Source link