Deretan Laptop ASUS ROG dengan Prosesor AMD Ryzen 6000 Series Siap Hadir di Indonesia

ASUS-ROG-X-AMD-Ryzen-6000-Series

CRCOID. – ASUS Indonesia memperkenalkan jajaran laptop gaming terbarunya yang masuk dalam keluarga ROG di mana akan ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen 6000 Series.

Laptop ROG tersebut antara lain ROG Zephyrus G14, ROG Zephyrus G15, ROG Zephyrus Duo 16, ROG Strix G, dan TUF Gaming A15. Lima laptop yang didukung prosesor dari AMD Ryzen terbaru ini akan diluncurkan secara bertahap di Indonesia mulai kuartal dua tahun 2022.

Secara umum lima laptop gaming baru ini akan membawa penyegaran baik aspek desain maupun dukungan fitur-fitur pendukung maupun bagian dalam jeroannya hingga sistem pendinginan untuk memuaskan pengguna atau penikmat game di Indonesia.

Kelimanya pun akan dipadukan dengan kartu grafis terbaru dari NVIDIA GeForce RTX 30 Series. Kesamaan lainnya adalah kelima laptop ini akan didukung oleh teknologi RAM DDR5 dan SSD PCle generasi ke-4.

Menurut Riandanu Madi Utomo selaku Technical PR ASUS Indonesia mengatakan bahwa RAM DDR5 memiliki kecepatan hingga 4800Mhz yang bisa membantu meningkatkan minimum frame rate sehingga kemungkinan stuttering atau lag konten yang ditampilkan di layar kecil.

Sementara teknologi SSD PCI 4.0 pada kelima laptop ini sudah mampu membaca data dengan kecepatan hingga 7GB per detik. Di samping itu, kelimanya juga telah diberikan fitur Mux Switch yang bisa ditemukan di aplikasi bawaan ASUS ROG yakni Armoury Crate.

Riandanu menjelaskan bahwa Mux Switch merupakan fitur yang paling banyak diminta oleh pengguna ASUS ROG di seluruh dunia termasuk di Indonesia. “Dengan hadirnya Mux Switch sekarang bisa dialihkan langsung di discrete GPU mode Fungsinya bisa meningkatkan frame rate saat bermain game dan performa jadi lebih bagus,” ujarnya kepada tim CRCOID..

Baca Juga  Aura Fire Bantai Bigetron Alpha

AMD-Ryzen-6000-Series

Pada sektor sistem pendinginan, kelima laptop ROG baru ini juga telah mendapatkan peningkatan berupa Intelligence Cooling System. Perbedaan sistem pendinginan laptop ROG sebelumnya dengan saat ini ialah pada jumlah bilah kipas dan desain kipasnya.

Misalnya pada laptop TUF Gaming A15 dengan AMD Ryzen 6000 Series akan dibenamkan bilah kipas kustom sebanyak 84 dengan tegangan 12V dan memiliki 4 exhaust vent serta 5 copper pipe. Deretan laptop ROG ini juga mendapatkan peningkatan dari sisi desain kipas yang mana kini ASUS merancang kipas dengan bentuk tipis di ujungnya dan tebal pada bagian tengahnya.

Hal tersebut bertujuan untuk meminimalisir adanya turbulensi dan juga sekaligus menghadirkan suara senyap saat mesin bekerja keras. Bahkan salah satu laptop ROG baru ini akan membawa teknologi pembersihan secara otomatis yang bernama Enhance Self Cleaning Cooling untuk membuang secara debu langsung tanpa harus melewati Heat Sync.

ROG-Nebula-Display-HDR

Untuk memudahkan upgrade kapasitas RAM maupun SSD, beberapa latop ROG baru ini sudah mengadopsi POP UP Screw yang mana di bagian bawah laptop bisa dibuka sendiri oleh pengguna tanpa harus meminta bantuan teknisi ASUS.

Selain itu, deretan laptop baru ini akan dibekali teknologi 0db ambient cooling zero yang mana pada saat suhu laptop di bagian CPU mencapai 50-60 derajat celcius maka kipas akan mati. Kemudian juga akan disokong oleh fitur-fitur pendukung lainnya seperti 3D Mic Array, Two Way Al Noise Cancellation, Dolby Atmos, HiRes Audio, Dolby Vision, WiFi 6/6E, HDMI 2.1, dan salah satunya akan dilengkapi oleh layar ROG Nebula Display HDR.

Sebutan ROG Nebula Display HDR diungkapkan Riandanu merupakan ciri khas untuk laptop ROG. Pada laptop konsumen ASUS kelas bisnis sebutan ini biasanya dikenal OLED yang menandakan bahwa layar laptop telah mendapatkan fitur tampilan terbaik seperti Pantoned Validated, DCI P3, dan masih banyak lagi.

Baca Juga  Menang Atas Bigetron Alpha, Celiboy Yakin Masuk Playoff MPL Season 9

Source link