OPPO Pamerkan Teknologi Pengisian Daya Baterai SuperVOOC 150W

OPPO-150W-SuperVOOC-Header

CRCOID. – Setelah menghadirkan handphone flagship seri Find X5, OPPO di ajang Mobile World Congress (MWC) 2022 memperkenalkan teknologi pengisian daya cepat terbaru buatan mereka yaitu SuperVOOC 150W.

Secara daring lewat kanal YouTube resminya, OPPO telah melakukan uji laboratorium pengisian daya baterai dengan SuperVOOC 150W. Hasilnya sebuah perangkat dengan kapasitas baterai 4.500 mAh bisa diisi dayanya dengan sangat cepat melalui SuperVOOC 150W.

Pada pengujian tersebut, baterai dari level 1 persen bisa diisi dayanya hingga 50 persen dalam waktu hanya 5 menit dan pengisian daya secara keseluruhan hingga 100 persen hanya dalam waktu total 15 menit. Tapi perlu dicatat perangkat tersebut diisi dayanya dalam kondisi mode pesawat.

Teknologi pengisian daya baterai baru dari OPPO ini didukung oleh teknologi GaN dan kepala charger-nya memiliki dimensi berukuran 58 x 57 x 30 mm dengan bobot 172 gram.

Lebih jauh, OPPO menjelaskan bahwa pengisi daya SuperVOOC 150W mampu menghasilkan 7.5A pada 20V. Adapun di dalam handphone terdapat dua sel baterai, masing-masing memiliki pompa pengisian sendiri di mana bisa mengubah listrik yang masuk menjadi 5V/15A dan memasukkannya ke dalam baterai.

Selain dibekali dengan pengisian lebih cepat dibanding generasi sebelumnya, SuperVOOC 150W juga sekaligus membawa solusi tentang masa pakai baterai. Solusi ini diberikan OPPO melalui dua cara yang mana salah satunya adalah Battery Health Engine yang mengandalkan chip khusus untuk mengelola baterai.

OPPO dalam pengujiannya mengklaim bahwa telah berhasil mempertahankan 80 persen baterai dari kapasitasnya setelah 1.600 siklus pengisian penuh di mana hal tersebut dua kali lipat di atas rata-rata industri sebesar 800 siklus.

OPPO-150W-SuperVOOC-with-BHE

Cara kedua untuk mengatasi kekhawatiran masa pakai baterai adalah teknologi Battery Healing. Teknologi ini berisi lapisan tahan lama pada elektroda baterai yang bisa melindungi dari degadrasi yakni Solid Electrolyte Interface (SEI).

Baca Juga  Synnex Metrodata Indonesia Jadi Distributor Resmi Produk BenQ di Indonesia

Teknologi Battery Healing konon kabarnya mampu secara terus menerus memperbaiki lapisan SEI saat baterai sedang diisi dan dikosongkan sehingga bisa menjaga elektroda dalam kondisi baik yang tujuannya untuk meningkatkan kinerja baterai dan memperpanjang umurnya.

Sebagai tambahan informasi, OPPO juga tengah mengembangkan SuperVOOC dengan kecepatan pengisian hingga 240W dengan baterai berkapasitas 4.500 mAh. Disebutkan bahwa pengisi daya tersebut mampu mengisi daya hingga 100 persen hanya dalam 9 menit.

Belum diketahui perangkat baru OPPO apa yang akan kebagian mendapatkan pengisi daya 150W. Namun OPPO kabarnya bakal segera mewujudkan handphone mana yang akan dilengkapi pengisi daya tersebut.

Source link