Mengenal e-Wallet dan Manfaatnya untuk Transaksi Online

CRCOID – E-Wallet semakin booming di era digital seperti sekarang ini. Maknanya adalah layanan dompet digital untuk menampung dana, melakukan pembayaran secara elektronik, dan mencatat setiap transaksi yang telah dilakukan.

Dompet digital ini berbentuk aplikasi yang memudahkan pengguna bertransaksi lebih cepat, baik offline maupun online.

Kehadiran e-Wallet sendiri dinilai mampu memberikan efek positif bagi kehidupan sehari-hari. Sistemnya, pengguna bisa menaruh sejumlah uang ke dalam akun e-wallet.

ilustrasi e-wallet (pixabay)
ilustrasi e-wallet (pixabay)

Nantinya uang bisa langsung dipergunakan untuk belanja di merchant yang sudah bekerja sama dengan pihak pengembang e-wallet.

Baca Juga:
Jumlah Pengguna DANA Tembus 100 Juta

Di Indonesia sendiri, terdapat beberapa penyedia layanan e-wallet, seperti Go-Pay, OVO, Dana, dan LinkAja.

Secara tidak sadar, sudah cukup sering menggunakannya untuk berbagai keperluan seperti membeli pulsa, membayar listrik, hingga membeli makanan. Dengan kemudahannya, tak heran jika sebagian besar orang menggunakan lebih dari satu e-wallet.

Manfaat e-Wallet

1. Cashless
Pada 2014, Bank Indonesia menggagas Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) yang bertujuan untuk membuat masyarakat semakin mengenali transaksi nontunai. Selain praktis dan nyaman, transaksi nontunai dapat mempermudah dalam mengatur keuangan.

2. Banyak promo
Terdapat berbagai promo seperti potongan harga atau cashback yang bisa dimanfaatkan. Beberapa aplikasi juga menyediakan sistem poin setiap melakukan transaksi yang dapat ditukar hadiah menarik.

Baca Juga:
Pengguna Paylater dan Dompet Digital Indonesia Diprediksi Tertinggi se-Asia Tenggara pada 2025

3. Mempermudah pencatatan transaksi
Karena berbasis elektronik, juga akan lebih mudah dalam mengetahui pengeluaran.

4. Lebih aman
E-wallet dirasa cukup aman dari pencurian dana selama pengguna menjaga akun, password, dan tidak memberikan OTP kepada pihak lain. Bahkan, tidak perlu lagi untuk panik kala dompet tertinggal, karena tetap bisa bertransaksi melalui dompet digital.

Baca Juga  Cara Membuat GIF di Twitter Tanpa Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

5. Dapat melakukan berbagai transaksi
Fitur dan layanan e-wallet yang semakin lengkap, sehingga semakin mudah untuk bertransaksi, baik untuk berbelanja, investasi, hingga bersedekah. Meskipun begitu, tetap harus bijak dalam bertransaksi menggunakan e-wallet. Menurut berbagai penelitian yang salah satunya dilakukan oleh CNBC, transaksi secara online cenderung membuat lebih boros. Hal ini karena tidak melihat atau merasakan nominal uang yang dikeluarkan.

6. Terhindar Uang Palsu
Salah satu kelebihan dari E-Wallet adalah mampu mengurangi peredaran uang palsu. Setiap transaksi digital, baik pembeli maupun penjual juga tidak perlu memikirkan kembalian karena E-wallet bisa memotong saldo hingga jumlah desimal sesuai jumlah pembayaran.

Pasha Aiga Wilkins



Source link