Jangan Panik! Ini Cara Mematikan Talkback di Handphone OPPO

Cara Mematikan Talkback di Handphone OPPO Header

CRCOID. – Pada handphone OPPO telah tersedia fitur Talkback yang dapat membuat sistem menyebutkan lewat suara setiap menu, ikon, aplikasi, konten, atau fungsi yang disentuh oleh pengguna.

Bisa dibilang fitur Talkback memang ditujukan untuk membantu pengguna berkebutuhan khusus yang harus menggunakan handphone dengan panduan suara agar mudah dinavigasikan dan diakses.

Meskipun secara bawaan fitur ini tidak aktif pada handphone OPPO, namun kamu bisa saja suatu waktu tidak sengaja mengaktifkan Talkback. Bagi sebagian dari kamu, mungkin fitur ini cukup mengganggu karena akan mengeluarkan suara keras.

Jika memang merasa terganggu dengan fitur Talkback di handphone OPPO, maka dapat mematikannya melalui panduan berikut dengan cukup mudah.

Cara Mematikan Talkback OPPO

  1. Buka aplikasi Settings di handphone OPPO
  2. Pilih menu Additional Settings
  3. Pilih menu Accessibility dan akses menu Talkback
  4. Tekan tombol toggle hingga berwarna abu-abu
  5. Fitur Talkback pun akan nonaktif

Mematikan Talkback OPPO

Sebenarnya pada saat mengaktifkan fitur Talkback, kamu akan diminta oleh sistem untuk mempelajari bagaimana cara penggunaannya baik itu untuk melakukan navigasi, memilih menu, maupun menjalankan aplikasi.

Bisa dibilang pada saat Talkback aktif, maka proses penggunaan handphone OPPO akan sedikit berbeda dibandingkan biasanya karena memang ada tahapan-tahapan baru yang harus dilakukan.

Misalnya saja pada saat kamu memilih menu atau aplikasi, maka sistem akan meminta kamu menekannya sebanyak dua kali agar perintah dapat dieksekusi. Sementara pada saat menggulung sebuah halaman, maka kamu harus menggunakan dua jari sekaligus.

Begitu pun saat mengikuti langkah untuk mematikan fitur TalkBack yang mana kamu harus menekan dua kali pada saat memilih menu sehingga dapat melakukan navigasi seperti biasa hingga mengeksekusi perintah yang dibutuhkan.

Baca Juga  Beberapa Alasan Mengapa Jaringan Internet 3G Harus Ditinggalkan

Tidak hanya merek OPPO saja, sebenarnya fitur ini juga telah disematkan secara bawaan langsung di smartphone lainnya dan memang disediakan bersama sistem operasi Android. Hanya saja memang langkah mengakses fitur TalkBack akan berbeda untuk setiap merek handphone.

Source link