Menkominfo Beberkan Tentang Tata Kelola Data Global di MWC 2022

CRCOID – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G.Plate pada ajang Mobile World Congress (MWC) 2022 di Barcelona, menjelaskan misi Indonesia untuk mendorong tata kelola data global pada forum Digital Economy Working Group atau DEWG G20.

“Sangat penting bagi sebuah negara untuk memiliki fondasi kepercayaan yang kuat sebagai prasyarat yang mendasari pelaksanaan cross border data flow and data free flow. Penggunaan aliran data lintas batas yang tepat diharapkan dapat mempercepat kontribusi terhadap perekonomian dunia,” beber Plate dalam sesi GSMA Ministerial Programme Strategies for Energising the Data Economy, dikutip Kamis (3/3/2022).

Selama pandemi COVID-19 terlihat data khususnya di ruang digital memainkan peran penting dalam inovasi hingga pengembangan ekspansi bisnis serta solusi pemulihan akibat pandemi.

Plate menilai tidak hanya di Indonesia, tapi juga secara global, implementasi aliran data lintas batas memiliki tantangan tersendiri.

Baca Juga:
Perluas Jangkauan Internet di Indonesia, Kominfo Cari Mitra di MWC 2022

Oleh karena itu, Pemerintah Republik Indonesia menekankan isu tentang cross-border data flow dan data free-flow with trust untuk menunjukkan peran penting data dalam memanfaatkan peluang ekonomi digital.

“Selain itu, keamanan dan kedaulatan data setiap negara juga harus diperhatikan dengan penuh hormat, dengan penekanan pada prinsip-prinsip transparansi, keabsahan, keadilan, dan timbal balik,” jelas Plate.

Dalam Presidensi G20 Indonesia diharapkan ada solusi tata kelola data yang memegang prinsip bahwa transfer data lintas negara wajib dilaksanakan sesuai dengan hukum negara dan hukum internasional yang berlaku.

Dengan demikian, keabsahan kerjasama dan kolaborasi antarnegara tetap berjalan dengan baik dan terhindar dari perasaan yang tidak nyaman.

“Untuk menjawab tantangan yang dimaksud, Indonesia menerapkan empat pilar dalam cross-border data flow and data free-flow with trust yakni lawfulness, fairness, transparency dan reciprocity,” kata Plate.

Baca Juga  Ini Bocoran Spesifikasi Samsung Galaxy S21 FE Versi 4G

Baca Juga:
Indonesia, TIP dan Meta Connectivity Kolaborasi Kembangkan Metaverse

Mengutip hasil studi Information Technology and Innovation Foundation, Plate menjelaskan kepada para audiens dalam ajang MWC 2022 empat prinsip penerapan kebijakan data free flow with trust.



Source link