Melatih Otot Tubuh Dengan Squat Jump

Melatih Otot Tubuh Dengan Squat Jump
Melatih Otot Tubuh Dengan Squat Jump

“Squat jump sudah terkenal sebagai latihan untuk mengencangkan bokong serta memperkuat kaki. Hal tersebut dikarena gerakan pliometrik saat melakukan squad jump dapat melatih otot-otot yang ada pada tubuh bagian bawah, mulai dari perut, pinggul, glutes, paha depan, paha belakang hingga betis.”

Squat merupakan latihan ketahanan tubuh yang paling efektif untuk melatih tubuh bagian bawah. Menambahkan Squat dalam rutinitas olahraga sangat cocok bagi kalian yang ingin meningkatkan kebugaran fisik serta mengencangkan otot-otot tubuh bagian bawah.

Jika kalian sudah terbiasa melakukan squat dasar maka kalian bisa mencoba meningkatkan intensitas olahraga kalian dengan melakukan variasi dari gerakan squad tersebut misal dengan melakukan squat jump yang dapat melatih otot tubuh terutama pada bagian glutes (otot bokong), paha bagian depan dan belakang hingga pinggul. Gerakan olahraga yang melibatkan melompat ini juga bisa meningkatkan detak jantung kamu loh. Bagaimana cara melakukan squat jump untuk melatih otot tubuh?berikut ulasannya.

Apa Itu Squat Jump ?

squat jump
contoh gerakan squat jump

Squat jump adalah gerakan pliometrik, artinya latihan ini mengharuskan kalian untuk menggerakkan otot secara maksimal dalam waktu yang singkat. Squad jump sendiri biasa dipergunakan sebagai gerakan awal untuk mengembangkan kemampuan dalam olahraga lompat tinggi ataupun lompat jauh.

Latihan ini juga bisa dilakukan sebagai latihan tunggal ataupun dikombinasikan dengan gerakan lain. Karena tidak memerlukan peralatan apapun serta tidak membutuhkan ruang yang banyak, squat jump merupakan latihan yang sangat baik dan bisa kalian lakukan secara rutin di rumah.

Melakukan Squat jump berarti melatih otot tubuh kalian, terutama paha depan, paha belakang, betis dan glutes. Selain itu, punggung bawah, perut dan tulang kering kalian juga ikut terlibat ketika kalian melakukan latihan ini. Hal tersebutlah yang menjadikan squat jump sebagai latihan yang baik, karena dapat mengembangkan kekuatan, meningkatkan kelincahan, dan menjadi bagian dari berbagai jenis latihan. Gerakan yang melibatkan jongkok dan kemudian melompat ini juga efektif untuk memperkuat kaki dan mengencangkan bokong.

Baca Juga  Cek Yuk, Harga Tiket MotoGP 2022 Mandalika

Squat jump juga menjadi salah satu latihan yang paling sering dilakukan oleh orang-orang yang akan melakukan olahraga seperti sepak bola, futsal, atau baseball. Sejumlah penelitian juga sudah menemukan bahwa latihan seperti squat jump dapat meningkatkan kinerja sprint karena meningkatkan kekuatan eksplosif dari otot. Latihan yang sederhana ini juga baik untuk dilakukan oleh anak-anak berusia 5 tahun karena akan membantu mereka mengembangkan kemampuan berlari, menendang, keseimbangan dan kelincahan.

Manfaat Squat Jump

Berikut ini beberapa manfaat squat jump:

  • Membangun otot dan kekuatan.
  • Meningkatkan kebugaran aerobic dan kardiovaskular.
  • Meningkatkan mobilitas dan keseimbangan.
  • Mengencangkan bokong, kaki, dan perut.
  • Membakar kalori dan lemak.
  • Meningkatkan sirkulasi.
  • Meningkatkan kinerja olahraga.
  • Memperkuat tulang.

Cara Melakukan Squat Jump Yang Benar

Squat jump adalah latihan aerobik yang dinamis. Jadi, sebelum melakukan olahraga ini, pastikan kalian telah melakukan pemanasan terlebih dahulu ya. Berikut ini cara melakukan squat jump yang baik dan benar mengutip dari berbagai sumber:

  • Berdiri dengan kaki dibuka sedikit lebih lebar dari bahu.
  • Tekuklah lutut kalian hingga ke posisi jongkok penuh.
  • Dengan melibatkan paha depan, glutes dan paha belakang, melompatlah hingga kaki berada beberapa sentimeter dari lantai dan rentangkan kaki dengan penuh saat melompat.
  • Mendarat dengan lembut, lutut ditekuk dan kembali ke posisi jongkok.

Mengenai berapa set dan berapa jumlah squat jump per set yang harus dilakukan, hal itu tergantung pada tujuan kamu melakukan olahraga ini. Bila kamu bertujuan untuk membangun kekuatan kaki dan meningkatkan lompatan kamu, kamu bisa melakukan squat jump tiga sampai empat set dengan lima kali pengulangan setiap set-nya.

Itulah penjelasan mengenai squat jump yang baik untuk melatih otot tubuh bagian bawah. Apabila disaat berolahraga, kalian mengalami cedera atau ketegangan otot, kalian bisa mengurangi rasa sakitnya dengan mengunakan gel atau salep pereda nyeri otot.

Baca Juga  Buruan Cek! Jadwal Lengkap WSBK Mandalika 2021