Federal Luncurkan Oli Motor Terbaru Usai Menangi MotoGP Qatar 2022

Cakrawalarafflesia — Federal Oil meluncurkan tiga produk oli mesin sepeda motor. Peluncuran ini hanya berselang dua hari usai Tim Gresini Ducati memenangi MotoGP Qatar 2022.

Seperti diketahui, Federal Oil yang sudah diakuisisi oleh Exxon Mobil merupakan sponsor dari Gresini Racing Team. Sudah lebih dari satu dekade, Federal Oil menemani Gresini Racing hingga akhirnya perdana memenangi MotoGP Qatar 2022.

Pada Selasa (8/3) bertempat di The Tribrata Dharmawangsa Jakarta, Federal Oil™ secara resmi melakukan seremonial peluncuran generasi baru dari berbagai lini produk-produk Federal Oil™, baik untuk kendaraan roda dua yang memiliki transmisi matik maupun non-matik (manual). Federal Oil™ menghadirkan 3 kategori produk dengan total 8 varian yang memiliki formulasi dan spesifikasi terbaru untuk memberikan kinerja mesin yang lebih baik sesuai jenis motornya, yaitu:

– Federal Matic yang diperuntukkan bagi motor bertransmisi matik dengan 5 pilihan varian yaitu Federal Matic™ 30, Federal Matic™ 40, Federal Matic™ Ultratec 30 dan Federal Matic™ Y40, serta Federal Matic™ Gear Oil yang diperuntukkan khusus dalam melindungi roda gigi pada motor matik.

– Lalu 2 varian dari Federal Ultratec™ yang diperuntukkan untuk motor bertransmisi manual atau motor bebek yaitu Federal Ultratec™ XX dan Federal Ultratec™, dan 1 varian Federal Racing™ yang dirancang khusus untuk motor bertransmisi manual yang memiliki performa tinggi.

Dari kacamata exxonmobil, Indonesia sebagai pasar sangatlah penting, sebagai ilustrasi Indonesia sekarang di posisi 8 dari total demand lubricants di dunia.

“Kita masih terus berkembang, melihat dari pertumbuhan industri, ekonomi. Sehingga pada tahun 2030 indonesia akan menempati pangsa pasar ke lima dari total, sangat penting bagi Exxon Mobil melihat Indonesia sebagai market yang fokus, menjadi market yang sangat penting,” ujar Deepankar Banerjee, CEO, ExxonMobil Lubricants saat peluncuran, Selasa (8/3/2022).

Baca Juga  Jadi WNI, Shayne Pattynama: The Dream Come True! Shin Tae-yong Siap Racik Formulasi Baru

“Jadi exxonmobil melihat pasar Indonesia itu penting, 4 tahun lalu (Exxonmobil) mengakuisisi federal oil. Federal yang memiliki pangsa pasar terbesar, dan menjadi family dari Exxon mobil dan ini akan terus dikembangkan. Inovasi terus akan diluncurkan, salah satunya hari ini launching generasi baru Federal Oil,” ujar Deepankar Banerjee, CEO, ExxonMobil Lubricants.

“Dari kacamata Exxonmobil indonesia sebagai pasar sangatlah penting, sebagai ilustrasi Indonesia sekarang di posisi 8 dari total demand lubricants di dunia,” kata dia.

“Kita masih terus berkembang, melihat dari pertumbuhan industri, ekonomi. Sehingga pada tahun 2030 indonesia akan menempati pangsa pasar ke lima dari total, sangat penting bagi Exxon Mobil melihat Indonesia sebagai market yang fokus, menjadi market yang sangat penting,” jelasnya.

Selain rilis produk baru, Federal Oil juga membuat terobosan untuk mencegah terjadinya aksi pemalsuan oli.

Pertama, Federal Oil menerapkan identitas Indonesia melalui pola ukiran batik ke dalam bentuk botol yang baru. Selanjutnya Federal Oil dilengkapi dengan teknologi QR Code terbaru yang membuat konsumen, dan partner bengkel dapat memastikan keaslian dari produk kapan saja dan di mana saja, sehingga konsumen dapat merasa yakin dalam memilih.

Tidak hanya itu, Federal Oil juga mengedepankan produk yang ramah lingkungan, dengan menggunakan sebagian bahan plastik daur ulang dari botol yang telah terpakai, dan kemasan yang lebih ringan dari sebelumnya.

“Beberapa kali kita mendapatkan temuan atau feedback market bahwa ada temuan produk yang tidak sesuai atau terindikasi palsu. Hal ini kita coba hindari, jadi lebih ke arah prevention, mencegah, dengan proteksi ini maka konsumen sendiri bisa melihat, bisa scan barcode di belakang mereka bisa menemukan sendiri keasliannya,”

Baca Juga  Disingkirkan Axelsen di Semifinal India Open 2023, Jonatan Christie Akui Banyak Lakukan Kesalahan

“Konsumen dan pemilik bengkel makin cermat, kami mendorong supaya mereka lebih aktif, lebih berani bahwa produk ini bisa diverifikasi sendiri oleh mereka,” tutur Hasril Arsyad, Federal Oil Brand General Manager dalam konferensi pers, Selasa (8/3/2022).

“Bengkel partner yang kita sebut Federal Oil Center, kita bekerja sama dengan mereka untuk bagaimana bisa mengatur dalam arti oli bekas yang ada di bengkel,” tambah dia.

“Dari sisi kita sendiri semakin kita kontrol, dengan mengurangi penggunaan plastik, ini salah satunya beberapa persen menggunakan produk daur ulang,” ungkapnya dengan bangga.