Permintaan Talenta Teknologi Informasi di Indonesia Meningkat

CRCOID – Country Marketing Manager JobStreet Indonesia Sawitri Hertoto mengatakan bahwa permintaan talenta di bidang teknologi informasi (TI) dan digital mengalami peningkatan seiring dengan kebutuhan perusahaan melakukan percepatan transformasi digital.

“Ini bakalan hot terus-menerus sampai mungkin 10 tahun ke depan karena semua perusahaan atau bisnis, bahkan sebagai personal pun, harus terus-menerus bertransformasi secara digital agar kita terus bertumbuh,” kata Sawitri dalam konferensi pers yang diadakan secara virtual, Selasa (8/3/2022).

Namun, ia mengatakan peningkatan permintaan tersebut tersebut tidak dibarengi dengan pertumbuhan talenta yang seimbang.

Merujuk pada data internal JobStreet, persentase jumlah iklan lowongan pekerjaan bidang teknologi dan digital di JobStreet terus mengalami kenaikan mulai dari kuartal pertama hingga kuartal keempat 2021. Pada kuartal keempat tahun lalu, persentasenya mencapai 14,5 persen.

Baca Juga:
300 Perusahaan Top Ramaikan Tech Virtual Career Fair Terbesar di Asia, Catat Tanggalnya!

Pada sisi yang lain, persentase jumlah pelamar di bidang tersebut mengalami penurunan pada periode yang sama. Penurunan jumlah pelamar turun 16,5 persen pada kuartal keempat tahun lalu.

Sawitri mengatakan saat ini banyak perusahaan yang memanfaatkan teknologi dan platform digital sehingga permintaan talenta yang dibutuhkan pun meningkat.

Perusahaan yang membutuhkan talenta tersebut tidak hanya perusahaan yang berfokus di bidang teknologi, tetapi juga perusahaan konvensional yang telah menyadari pentingnya untuk bertransformasi secara digital, kata Sawitri.

“Fresh graduate diterima di industri digital dan teknologi peluangnya besar. Apalagi ada Kampus Merdeka, e-commerce jadi salah satu industri yang sangat besar menerima mereka. Fresh graduate dari segala macam jurusan, mereka masuk di industri digital dan teknologi,” ujarnya.

Sawitri menyarankan agar para pencari kerja memperkuat keahlian dalam bidang teknologi dan digital untuk bisa bersaing mulai dari proses melamar kerja hingga saat sudah mulai bekerja.

Baca Juga  Dapat Bonus Kuota Chelsea Tri 3? Ini Fungsi dan Cara Pakainya

Baca Juga:
Ingin Bekerja di Era Industri Digital dan Teknologi? Berikut 3 Kemampuan Umum yang Harus Dimiliki

Menurut data JobStreet, pekerjaan bidang TI dan digital termasuk dalam 10 spesialisasi yang paling dicari, seperti digital marketing dengan angka pertumbuhan kebutuhan sebesar 66 persen dan IT/komputer sebesar 34 persen.



Source link