Pasien Penerima Cangkok Jantung Babi Pertama di Dunia Wafat

CRCOID – Manusia pertama di dunia yang menerima cangkok jantung babi telah meninggal dunia, demikian diwartakan media Amerika Serikat, NPR pada Rabu (9/3/2022).

David Bennett (57) meninggal dunia pada Selasa (8/3/2022), sekitar dua bulan operasi transplantasi jantung babi pada tubuhnya sukses digelar di Rumah Sakit University of Maryland Medical Center (UMMC).

Para dokter belum mengumumkan penyebab kematian Bennett. Meski demikian mereka mengungkapkan bahwa kondisi kesehatan lelaki itu mulai menurut dalam beberapa hari terakhir.

Jantung babi yang dicangkokan ke tubuh Bennett berfungsi “sangat bagus selama beberapa pekan tanpa adanya tanda-tanda penolakan (dari tubuh)”, demikian dijelaskan para dokter seperti dilansir dari Reuters.

Baca Juga:
Menilik Pandangan Islam Tentang Transplantasi Jantung Babi ke Manusia

Putra Benett, dalam pernyataan resmi keluarga, mengucapkan terima kasih kepada para dokter atas eksperimen yang melibatkan mendiang ayahnya. Ia berharap studi itu bisa membantu upaya untuk menolong para pasien yang membutuhkan donor organ.

“Kami bersyukur untuk setiap momen inovatif, setiap mimpi gila dan malam-malam melelahkan yang berujung pada upaya bersejarah ini,” tulis David Bennett Jr dalam pernyataan yang dirilis University of Maryland School of Medicine.

“Kami berharap ini adalah awal dari harapan, bukan akhir,” tulis dia.

Bennett Jr mengatakan mendiang ayahnya sudah pasrah sejak awal dan menyadari belum ada jaminan bahwa operasi yang digelar pada 7 Januari lalu itu akan membuatnya kembali pulih.

Usai operasi Bennett kepada media sempat mengatakan bahwa cangkok jantung babi merupakan pilihan terakhirnya

Baca Juga:
Ilmuwan BRIN: Rekayasa Genetik Jadi Kunci Cangkok Jantung Babi ke Manusia

“Pilihan saya adalah mati atau melakukan transplantasi ini. Saya ingin hidup. Saya sadar pilihan ini tidak memberi kepastian, tetapi ini adalah satu-satunya pilihan,” ujar Bennett.

Baca Juga  Instagram Kembalikan Urutan Feed sesuai Kronologi, Ditambah Fitur Baru



Source link