Ini Ketangguhan OPPO Reno7 Z 5G Dalam Memainkan Berbagai Game Populer

OPPO Reno7 Z 5G

Sebagai salah satu handphone andalan OPPO di Indonesia, Reno7 Z 5G diotaki oleh Snapdragon 695 5G. Chipset besutan Qualcomm ini diklaim mempunyai konsumsi daya yang hemat namun tetap dapat memberikan performa yang bertenaga.

Adapun GPU Adreno 619 yang hadir di dalam chipset tersebut mampu menangani grafis sistem operasi, aplikasi, maupun game yang berjalan pada Reno7 Z 5G dengan baik.

Tak hanya itu saja, OPPO juga turut menghadirkan RAM 8 GB untuk menangani aktivitas multitasking pada handphone ini dengan lancar. Sementara itu Reno7 Z 5G memiliki penyimpanan internal UFS 2.2  dengan kapasitas 128 GB yang mampu menampung banyak game, aplikasi, maupun file sekaligus.

Reno7-Z-5G CallofDuty MVP

Call of Duty Mobile

Bahkan perangkat ini telah dibekali fitur RAM Expansion yang memungkinkan sistem meminjam kapasitas kosong dari penyimpanan internal untuk menjadi RAM Virtual hingga 5 GB. Hal inilah yang membuat Reno7 Z 5G dapat menjalankan lebih banyak aplikasi sekaligus.

Mengacu pada kombinasi di atas memperlihatkan bahwa Reno7 Z 5G dapat memiliki kinerja yang cepat sehingga dapat digunakan untuk berbagai aktivitas terutama memainkan game sebagai hiburan.

Untuk membuktikan kemampuan dari handphone ini, saya pun menjalankan beberapa game populer seperti Pokemon Unite, Call of Duty Mobile, dan Arena of Valor.

Pokemon Unite merupakan game berjenis MOBA (Mobile Online Battle Arena) yang melibatkan karakter Pokemon di dalamnya yang melibatkan pertarungan utama antara 5 pemain vs 5 pemain dalam satu arena atau maps yang sudah tersedia.

Reno7-Z-5G Pokemon Unite Settings

Pokemon Unite Settings

Meskipun saya memainkan Pokemon Unite dengan menggunakan setelan grafis Highest dan frame rate High, namun Reno7 Z 5G tetap mampu menampilkan game dengan stabil terutama soal urusan grafis dan frame rate.

Baca Juga  Beberapa Alasan Mengapa Jaringan Internet 3G Harus Ditinggalkan

Selama saya memainkan satu pertandingan Ranked di Pokemon Unite, Reno7 Z 5G mampu mempertahankan frame rate 61 fps dengan stabil sehingga saya merasa nyaman ketika melihat gerakan yang mulus pada saat karakter Pokemon saling bertarung.

Sementara pada saat pertarungan yang melibatkan banyak karakter Pokemon di dalamnya, Reno7 Z 5G masih mampu menjaga jaringan internet tetap stabil sehingga tidak terjadi freeze. Padahal koneksi internet yang saya gunakan hanya memiliki kecepatan download 2 Mbps saja.

Reno7-Z-5G High FrameRate

Pokemon Unite High Frame Rate

Hampir mirip dengan Pokemon Unite yang berjenis MOBA, saya pun turut memainkan Arena of Valor yang memiliki tampilan grafis yang lebih tajam. Reno7 Z 5G mampu menjalankan game ini dengan pengaturan grafis Ultra dan frame rate tinggi secara lancar.

Pengalaman yang dirasakan saya ketika memainkan Arena of Valor ini sama seperti Pokemon Unite yang lancar, animasi halus, dan mempertahankan koneksi internet agar tetap stabil.

Reno7-Z-5G Arena of Vallor Settings

Arena of Valor Settings

Selanjutnya saya pun turut memainkan game berjenis FPS (First Person Shooter) yakni Call of Duty Mobile yang merupakan game tembak-tembakan dengan mempertemukan kamu dengan teman dan musuh melalui sudut pandang orang pertama mirip seperti Counter Strike.

Meskipun merupakan game mobile, namun Call of Duty Mobile mampu menyuguhkan grafis karakter, senjata, dan lingkungan yang memanjakan mata. Apalagi pada saat saya memainkannya dengan menggunakan setelan grafis dan frame rate Very High.

Pada saat pertarungan yang banyak karakter di dalamnya, saya masih dapat menjalankan Call of Duty Mobile dengan lancar. Selain itu, sentuhan jari saya terhadap kontrol virtual arah dan tembakan pun terasa responsif.

Reno7-Z-5G CallofDuty Settings

Call of Duty Mobile Settings

Berdasarkan pengalaman saya, Reno7 Z 5G ini mampu menangani ketiga game populer ini dengan baik, terutama ketika semaunya menggunakan pengaturan grafis dan frame rate tinggi yang biasa banyak menggunakan sumber daya dari handphone.

Baca Juga  Tips Jaga Keamanan Data Pribadi di Internet dari Teguh Aprianto

Selain dukungan hardware, tentunya handphone ini memiliki software yang mampu mendukung performa game menjadi optimal seperti hadirnya fitur HyperBoost yang memiliki AI Frame Rate Stabilizer dan TouchBoost.

AI Frame Rate Stabilizer ini memungkinkan frame rate pada game yang dimainkan dapat berjalan stabil sehingga meminimalisir terjadi lag. Sementara TouchBoost memungkinkan sentuhan jari terhadap layar menjadi responsive sehingga membuat pengendalian kontrol virtual pada game terasa nyaman.

Reno7-Z-5G Game Assistant

Game Assistant

Sebelumnya, game maupun aplikasi dapat menikmati fitur HyperBoost ketika sudah didaftarkan pada Game Space. Namun berbeda dengan ColorOS 11.1 atau versi di bawahnya yang mempunyai Game Space dengan aplikasi berdiri sendiri di homescreen, Game Space pada ColorOS 12 sudah disematkan pada Game Assistant.

Game Assistant ini dapat kamu lihat tersembunyi di pojok kiri layar ketika game sedang berjalan. Setelah Game Assistant dibuka, kamu akan menemukan banyak fitur dukungan game mulai dari Game Space, Game focus mode, Bullet Notification, Screen Recording, System Status Display, Voice Changer, Orientation lock, hingga shortcut aplikasi (WhatsApp, Messenger, dan discord).

Untuk Game Space ini dapat kamu temukan dengan nama menu Performance mode dengan tiga jenis yang terdiri dari Game Mode, Balanced Mode, dan Low Power Mode. Pada saat menjalankan tiga game populer di atas, saya sendiri hanya menggunakan Balanced mode yang dapat memberikan performa mulus dengan konsumsi daya baterai yang tidak terlalu boros.

Source link