Realme 8 Pro Lebih Mahal dari Realme 9 Pro, Apa Saja Bedanya?

CRCOID – Realme 9 Pro 5G mendarat di Indonesia pada 16 Februari lalu. Di Tanah Air gawai baru ini meneruskan jejak Realme 8 Pro yang diluncurkan pada April 2021 kemarin. Dua ponsel ini mengisi segmen gawai di kelas menengah.

Harga Realme 9 Pro di Indonesia mulai Rp 3,8 juta. Sementara Realme 8 Pro lebih mahal dengan harga Rp 4,5 juta. Lalu apa beda kedua ponsel ini, mengapa seri lawasnya lebih mahal? Berikut perbandingan Realme 8 Pro vs Realme 9 Pro:

Layar
Desain Realme 8 Pro menggunakan layar berukuran 6,4 inci dengan teknologi Super AMOLED dan mendukung refresh rate 60 Hz. Sementara Realme 9 Pro yang sudah dibekali dengan layar berukuran 6,6 inci, tetapi terbuat dari panel LCD yang berkualitas lebih rendah.

Mesin
Realme 8 Pro dipacu cip Snapdragon 720G yang belum mendukung teknologi internet 5G, sementara Realme 9 Pro 5G menggunakan Snapdragon 695 yang lebih baru. Jika SD 720G menggunakan arsitektur 8nm, maka SD 695 sudan dibangun di atas arsitektur 6nm.

Baca Juga:
Realme 9 Pro Series Diklaim Terjual 6.500 Unit Hanya Dalam 3 Hari

realme 8 Pro. (Dok : realme)
Realme 8 Pro. (Dok : realme)

Kamera
Realme 8 Pro dibekali dengan empat kamera belakang dan satu kamera depan. Kamera utamanya berkekuatan 108 MP, yang didukung kamera beresolusi 8 MP dan sepasang kamera 2 MP.

Sedangkan Realme 9 Pro 5G hanya punya tiga kamera utama. Kamera paling kuat punya resolusi 64 MP, yang dibantu kamera ultrawide 8 MP dan kamera makro 2 MP. Keduanya punya kamera depan 16 MP.

Demikianlah perbandingan Realme 8 Pro vs Realme 9 Pro 5G. Dari tiga spesifikasi kunci di atas, bisa terlihat mengapa Realme 8 Pro yang meluncur tahun lalu lebih mahal ketimbang varian paling baru. [Damai Lestari]

Baca Juga  Perkuat Sistem Peringatan Dini Gempa dan Tsunami, BMKG Tambah WRS di Seluruh Indonesia



Source link