Beberapa Alasan Mengapa Jaringan Internet 3G Harus Ditinggalkan

CRCOID – Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Kominfo Ismail menyebutkan ada sejumlah faktor pendorong transisi jaringan 3G ke 4G.

Menurut Ismail, faktor pertama ialah kaitannya dengan efisiensi biaya. Ketika operator seluler melakukan layanan paralel untuk berbagai macam jaringan dan teknologi, maka akan diperlukan banyak sumber daya dan ekosistem.

“Ini membutuhkan cost yang lebih besar,” kata Dirjen Ismail dalam pembukaan sebuah diskusi di Jakarta, Rabu (16/3/2022).

Lebih lanjut, faktor kedua adalah keterbatasan spektrum frekuensi untuk digunakan oleh berbagai macam teknologi.

Baca Juga:
Pengamat: Jaringan 3G Dihapuskan, Hal Ini Harus Jadi Perhatian

“Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Kominfo sudah menetapkan teknologi seluler didekatkan dengan teknologi netral, di mana operator diberikan kebebasan untuk memilih sendiri teknologi apa yang harus dimanfaatkan secara efektif dan efisien untuk digunakan guna melayani masyarakat,” kata dia.

Ismail juga memberikan pemaparan terkait transisi dan suntik mati 3G ini dari beberapa sudut pandang. Dari sisi masyarakat sebagai pengguna, prioritas utamanya adalah bagaimana mereka bisa mendapatkan layanan yang tersedia di mana saja.

“Selain itu, kualitas jaringan — bagaimana kualitas speed dan latency-nya. Pengguna tentu ingin mendapatkan kecepatan yang memadai dengan delay time yang rendah, serta mendapatkan layanan yang tarifnya terjangkau,” kata dia.

Selanjutnya, dari sisi perangkat. Ismail menyebutkan pentingnya analisis mendalam terkait perangkat (handset device) yang dimiliki oleh masyarakat sebelum pemerintah dan operator seluler memutuskan untuk sepenuhnya menghapus jaringan 3G.

“Kita harus tahu profil sebaran handset ini seperti apa,” katanya.

Baca Juga:
Kebut Akses Internet, Kominfo Minta Operator Kaji Hapus Layanan 3G

Sudut pandang ketiga adalah pertimbangan infrastruktur TIK dan jaringan, agar pemanfaatan teknologi tersebut bisa sesuai antara biaya dan peruntukkannya.

Baca Juga  Teaser Redmi Note 11T dan 11T Pro Beredar, Kapan HP Baru Ini Meluncur?



Source link