Mengenal Backlink untuk Optimalkan SEO Website

CRCOID – Backlink merupakan salah satu faktor penting dalam Search Engine Optimization (SEO). Di sini, backlink berperan sebagai tautan dalam halaman web, yang kemudian mengarah ke situs lainnya.

Mesin pencari seperti Google, akan melihat backlink sebagai salah satu cara verifikasi otomatis sekaligus relevansi sebuah situs.

Backlink adalah sebutan untuk menamai sebuah tautan yang mengarah ke suatu situs. Ini bisa bermanfaat sebagai rujukan, guna memudahkan pengguna atau untuk keperluan optimasi situs agar lebih populer di mata mesin pencarian.

Backlink juga menjadi tanda kepercayaan situs lain atas situs, dan hanya akan diberikan untuk situs yang memiliki otoritas atau konten terpercaya. Kini, sudah banyak tersedia Jasa Backlink yang memudahkan pengelola web dalam memperkuat SEO. Alhasil, kredibilitas situs di mata mesin pencarian semakin naik.

Baca Juga:
Tips Cara Tepat Memilih Warna dalam Pembuatan Website

Pentingnya Backlink
Untuk Anda yang sudah menekuni dunia digital, tentu sudah memahami pula pentingnya asupan backlink berkualitas. Tanpa dukungan backlink tersebut, maka sulit untuk sebuah situs dalam mendapatkan trafik dan peringkat oleh Google.

Melalui backlink, maka pengunjung situs juga akan mendapatkan informasi tambahan yang tidak ada pada situs asli tersebut. Di sisi lain, Anda juga bisa membuat konten berkualitas dengan informasi lengkap, tanpa melenceng dari topik utama.

Dengan alasan tersebut, maka posisi website di Search Engine Result Pages (SERPS), ditentukan pula oleh jumlah backlink berkualitas yang ada pada situs lain. Semakin tinggi peringkat situs di SERPS, maka semakin baik pula SEO situs tersebut.

Backlink mempunyai banyak manfaat, yakni meningkatkan eksposur situs, kredibilitas situs yang membuatnya semakin terpercaya, mempermudah terindeks di mesin pencari dan membangun koneksi dengan situs lainnya.

Baca Juga  Gratis OPPO Enco X, OPPO Gelar Blind Pre Order Find X5 Pro 5G

Jenis Backlink
Berikut adalah beberapa jenis yang mungkin bermanfaat bagi situs :
* Guest post backlink, adalah saat Anda menulis guest post untuk situs lain. Hal ini memungkinkan Anda untuk membangun kredibilitas dan kepercayaan situs
* Editorial backlink, merupakan backlink natural dari situs lain dalam konten berkualitas dengan berbagai bentuk, seperti sitasi, referensi, dan sumber informasi
* Comment backlink, yakni terjadi saat Anda menyertakan backlink pada komentar dalam konten web lain. Apabila tidak dilakukan secara berlebihan, maka link ini bisa menghasilkan banyak trafik
* Do-follow backlink, akan memberitahu mesin pencari untuk memperhatikan backlink ke score SEO
* No-follow backlink, akan memberitahu mesin pencari untuk mengabaikan backlink tersebut dan tidak menghitungnya ke dalam score SEO

Baca Juga:
4 Cara Membuat Website Online Shop di HP Gratis, Cepat dan Enggak Pakai Ribet

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas
Ada banyak cara untuk mendapatkan backlink berkualitas, baik secara gratis maupun berbayar. Berikut adalah beberapa tips cara mencari backlink berkualitas untuk kebutuhan situs
* Buat konten yang unik dan menarik sehingga membuat orang lebih tertarik
* Aktif membangun koneksi, bisa sebagai tempat bertukar link
* Tulis informasi yang sedang banyak dicari orang
* Lakukan blogwalking ke situs dengan topik yang sama
* Gunakan tools pendukung



Source link