Satelit Lapan A-4 Meluncur di Akhir 2022

CRCOID – Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) akan meluncurkan satelit Lapan A-4 akhir 2022, yang dapat melakukan pemantauan bumi baik untuk sumber daya alam maupun kondisi lingkungan hingga analisis bencana dan pencurian ikan.

Pengembangan Satelit Lapan A4 yang sepenuhnya di buat di Indonesia tersebut saat ini sedang dalam tahap penyelesaian dan pengujian komponen-komponennya.

“Akhir tahun ini kami rencananya akan meluncurkan satelit Lapan A-4,” kata Kepala Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa BRIN, Robertus Heru Triharjanto dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta pekan ini.

Satelit Lapan-A4 merupakan pembaharuan dan penyempurnaan dari satelit Lapan-A3/Lapan-IPB yang diluncurkan pada 22 Juni 2016. Satelit generasi keempat tersebut memiliki misi untuk pengamatan bumi baik lingkungan maupun sumber daya alam menggunakan imager optik.

Baca Juga:
Fasilitas Riset Hari Layar BRIN Danai Penelitian Tentang Badai Ekstrem dan Keanekaragaman Hayati

Misi lain dari Lapan-A4 adalah pemantauan lalu lintas maritim menggunakan sistem identifikasi otomatis (automatic identification system) yang mampu merekam jutaan data kapal secara global per hari.

Satelit tersebut juga dapat membawa muatan magnetometer. Lapan-A4 dirancang dengan konfigurasi yang terdiri dari deployable panel dan antena mistar yang dapat ditekuk.

Selain fokus pada pengembangan satelit, Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa juga berfokus pada pengembangan pesawat N219 dengan platform amfibi, yang bekerja sama dengan PT Dirgantara Indonesia.

OR tersebut juga melakukan pengembangan metodologi-metodologi dari teknologi penginderaan untuk meningkatkan pemanfaatannya, pengembangan teknologi roket yang utamanya berfokus pada roket pertahanan, serta pengamatan matahari yang bisa berdampak di bumi.

Adapun satelit Lapan A-4 tadinya akan meluncur pada 2020 tetapi diundur ke 2021 dan akhirnya dijadwalkan mengudara pada tahun ini.

Baca Juga  Komputer Mac Studio 2022 dengan Chipset M1 Ultra Resmi Meluncur, Ini Harga dan Spesifikasinya!

Baca Juga:
BRIN Dorong Peningkatan Partisipasi Perempuan dalam Sains



Source link