Gelar Jaringan Internet 5G, XL Turut Sukseskan Balap MotoGP Mandalika

CRCOID – XL Axiata telah menghadirkan layanan 5G untuk mendukung gelaran balap MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Mulai 18 Maret 2022, layanan data dan internet dengan konektivitas 5G sudah bisa diakses oleh pelanggan yang menggunakan smartphone 5G. Layanan internet super cepat ini dapat diakses di sejumlah titik di seputar sirkuit Mandalika dan sepenuhnya gratis.

Pita frekuensi yang digunakan adalah 3.5 MHz di sejumlah titik akses 5G yang telah disiapkan di sekitar sirkuit, termasuk menjangkau area VVIP dan beberapa lokasi grandstand kawasan yang menjadi lokasi berkumpulkan penonton balapan, jurnalis dan broadcaster, tim pendukung, serta satuan kerja event MotoGP.

“Setelah uji coba 5G yang menunjukkan hasil memuaskan, kami telah siap sepenuhnya mendukung penyelenggaraan MotoGP Mandalika sekaligus memperkenalkan layanan super cepat ini kepada masyarakat, termasuk para tamu asing,” kata I Gede Darmayusa, Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, dalam siaran pers yang diterima Jumat (18/3/2022).

Baca Juga:
Fabio Quartararo Akui Kondisi Aspal Sirkuit Mandalika Saat Ini Jauh Lebih Baik

Untuk dapat menikmati konektivitas 5G, pengguna harus memastikan bahwa smartphone yang digunakan mendukung jaringan 5G serta SIM card yang dimiliki sudah uSIM.

Di sisi lain, XL Axiata juga akan menghadirkan beberapa layanan demo dan use case menggunakan pita frekuensi 26 GHz untuk keperluan 5G Showcase. Ini mencakup 5G Immersive Games and Experience seperti MotoGP AR Game, 360 Degree Real-time Security Surveillance, dan 5G 8K Entertainment.

Tak hanya 5G, XL Axiata juga gencar melakukan peningkatan kualitas jaringan 4G di area Mandalika dan seluruh penjuru Lombok.

Pada jaringan 4G sendiri, XL Axiata telah mempersiapkan penambahan kapasitas dan jangkauan jaringan di beberapa titik di sekitar area Mandalika, di antaranya penggunaan teknologi terbaru Massive MIMO serta penambahan hingga sembilan Mobile BTS (MBTS) pada titik-titik hotspot.

Baca Juga  Terlalu Nyenyak Tidur, Lelaki Ini Tak Sadar Kamar Kebanjiran

Saat ini, layanan XL Axiata telah hadir di 54 kecamatan dan lima kabupaten atau kota di Lombok. Dengan total lebih dari 4.000 BTS di seluruh lombok, terdapat 1.700 di antaranya menyediakan jaringan 4G.

Baca Juga:
Calo Beroperasi di Sekitar Pos Penukaran Tiket Sirkuit Mandalika, Harga yang Dijual Lebih Mahal

Sementara itu, untuk kawasan wisata paling populer di Lombok pun XL Axiata secara khusus telah memastikan kualitas jaringan data.

Saat ini, jaringan XL Axiata untuk area Nusa Tenggara Barat ditopang lebih dari 5.700 BTS, termasuk lebih dari 2.200 BTS 4G. Diharapkan jaringan tersebut serta layanan 5G yang disediakan dapat mendukung pengguna serta tamu asing di gelaran MotoGP Mandalika.



Source link