Tips Mencari Software HRD Terbaik dan Rekomendasinya

Tips Mencari Software HRD Terbaik dan Rekomendasinya (screenshoot linovHR)
Tips Mencari Software HRD Terbaik dan Rekomendasinya (screenshoot linovHR)

Di masa pandemi saat ini kebutuhan perusahaan akan software HRD semakin meningkat. Adanya penerapan kebijakan bekerja dari rumah menjadi tantangan tersendiri terutama terkait masalah kehadiran karyawan. Hal inilah yang membuat HR kesulitan dalam mengelola data karyawan sehingga membutuhkan teknologi sistem informasi kepegawaian online yang mampu memaksimalkan kegiatan bisnis.

Software HRD merupakan perangkat lunak yang mampu mengelola segala kegiatan yang berkaitan dengan sumber daya manusia dalam suatu perusahaan. Apa pun jenis industrinya pasti membutuhkan suatu software yang dapat membantu meringankan pekerjaan HRD, seperti absensi kerja, rekrutmen, penggajian karyawan, pembayaran dan pelaporan pajak, evaluasi kinerja, hingga cuti karyawan.

Tips Memilih Software HRD Terbaik

Software HRD jadi pilihan terbaik bagi perusahaan Anda dengan beragam fitur yang ditawarkan yang tentunya akan memberikan keuntungan lebih. Adanya software ini membuat Anda memiliki kelompok pelamar yang luas, dapat menghemat waktu dan biaya, serta penyaringan lamaran dilakukan secara otomatis.

Menariknya fitur-fitur software HRD yang ada saat ini bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan dan jenis bisnisnya. Namun, untuk memilihnya satu diantaranya bisa dibilang gampang gampang susah karena tiap perangkat punya keunggulan masing-masing.

Berikut ini ada beberapa tips untuk Anda dalam memilih software HRD terbaik, diantaranya adalah:

Mudah Dioperasikan dan Dipahami

Tentunya dalam mencari suatu software pasti inginnya yang mudah digunakan dan dipahami bukan. Jika Anda sulit untuk memahami pemakaiannya bagaimana bisa diterapkan di perusahaan Anda.

Anda bisa melakukan uji coba terlebih dahulu pada software tersebut. Banyak pengembang yang memberikan uji coba gratis selama satu bulan sebelum Anda benar-benar memutuskan apakah ingin menggunakannya. Atau bisa juga mengikuti demo yang ditawarkan agar Anda bisa menilai apakah fitur-fitur yang disediakan mudah dimengerti dan digunakan.

Baca Juga  Cara menggunakan google meet

Fleksibilitas Software

Mengingat masing-masing perusahaan memiliki kebutuhan yang berbeda, pertimbangkan aplikasi yang dapat memberikan kemudahan dalam kostumisasi atau hanya memilih layanan yang hanya dibutuhkan perusahaan saja. Selain itu, pertimbangkan juga untuk melihat apakah ada fitur integrasi data di dalamnya agar apabila ada perubahan akan langsung berubah secara otomatis.

Keamanan Data Terjamin

Pastikan aplikasi yang dipilih bisa menjamin keamanan data penggunanya dan disertai sistem keamanan mumpuni. Ini jadi kewajiban yang harus dipikirkan mengingat Anda akan memasukkan data-data penting ke dalam perangkat lunak tersebut. Terlebih apabila Anda memutuskan untuk menggunakan layanan jasa outsourcing yang ditawarkan pengembang.

Pilih Harga yang Sesuai Budget

Memilih software HRD memang tidak boleh asal tapi pastikan juga anggaran yang perusahaan miliki sesuai dengan harga perangkat lunaknya. Namun, jangan juga Anda tergoda harga murah yang ditawarkan tapi pertimbangkan kualitas layanannya.

Sesuaikan dengan Kebutuhan

Meskipun penyedia layanan menawarkan harga murah tapi kualitasnya mumpuni dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda, kenapa tidak. Namun, Anda harus bisa melihat segala kebutuhan perusahaan agar Anda tahu apa yang perlu dicari dalam sebuah software HR.

Rekomendasi Software HR Terbaik

Software HRD

Jika Anda bingung dalam memutuskan untuk memilih software HR terbaik, rekomendasi yang paling tepat adalah software HRIS (Human Resource Information System) LinovHR.

LinovHR adalah aplikasi absensi karyawan dan penggajian berbasis cloud di Indonesia yang menawarkan fitur-fitur lengkap dalam mendukung manajemen karyawan. Dengan LinovHR, Anda tidak hanya dapat mengelola absensi karyawan melainkan juga administrasi database karyawan, penghitungan payroll, perhitungan dan pelaporan pajak, distribusi slip gaji, pelaporan bpjs, dan masih banyak lagi.

Software HRD LinovHR memiliki tingkat keamanan yang tinggi sehingga dapat memenuhi kebutuhan perusahaan dalam mengolah data dan informasi dari karyawan. Karena software ini berbasis cloud, memudahkan dalam penyimpanan data serta dapat diakses dimana saja dan kapan saja apabila dibutuhkan.

Baca Juga  Aplikasi Penghasil Uang Langsung Ke Rekening

Tentunya Anda ingin memberikan yang terbaik bagi perusahaan, maka dari itu pilih software HRD yang terbaik.