Diberi Peringatan Kantor Federal Jerman untuk Keamanan Informasi (BSI), Kaspersky Buka Suara

CRCOID – Minggu ini Kantor Federal Jerman Keamanan Informasi (BSI) mengeluarkan peringatan tentang produk Kaspersky, menyebutkan potensi risiko keamanan TI bagi mereka yang menggunakan produk dan solusi Kaspersky.

“Saya dapat mengatakan bahwa klaim ini adalah spekulasi yang tidak didukung oleh bukti objektif apa pun atau menawarkan detail teknis,” tegas CEO Kaspersky Eugene Kaspersky melalui keterangan resminya, Selasa (22/3/2022).

Alasannya sederhana, dia menambahkan, tidak ada bukti penggunaan atau penyalahgunaan Kaspersky untuk tujuan berbahaya yang pernah ditemukan dan dibuktikan dalam sejarah perusahaan selama dua puluh lima tahun.

“Tanpa bukti tersebut, saya hanya dapat menyimpulkan bahwa keputusan BSI dibuat atas dasar politik semata,” katanya.

Baca Juga:
Usai Jerman, Italia Batasi Penggunaan Antivirus Kaspersky dari Rusia

Dia menilai, sungguh ironis bahwa organisasi yang mengadvokasi objektivitas, transparansi, dan kompetensi teknis, memutuskan atau terpaksa membatalkan prinsipnya secara harfiah dalam semalam.

“Kaspersky, mitra lama, dan kontributor BSI, serta industri keamanan siber Jerman, hanya diberi waktu beberapa jam untuk mengatasi tuduhan palsu dan tidak berdasar ini,” ungkap Eugene.

Ilustrasi peretas sedang melancarkan serangan siber. [Shutterstock]
Ilustrasi peretas sedang melancarkan serangan siber. [Shutterstock]

Meskipun ada panggilan terus-menerus dari Kaspersky untuk melakukan audit mendalam terhadap kode sumber, pembaruan, arsitektur, dan proses di Pusat Transparansi Kaspersky di Eropa, BSI tidak pernah melakukannya.

Menurutnya, keputusan ini juga dengan mudah menghilangkan fakta bahwa Kaspersky telah bertahun-tahun memelopori transparansi yang lebih besar.

“Itulah mengapa saya menganggap keputusan BSI sebagai serangan yang tidak beralasan dan tidak adil terhadap perusahaan saya dan khususnya terhadap karyawan Kaspersky di Jerman dan Eropa,” jelas dia.

Baca Juga:
33 Kerentanan Ditemukan dalam Transfer Data Telehealth, Waduh!

Lebih penting lagi, ini juga merupakan serangan terhadap basis konsumen besar di Jerman yang mempercayai Kaspersky, yang dua minggu lalu dianugerahi sebagai penawaran keamanan terbaik (oleh AV-Test).

Baca Juga  Mirip Apple iOS, Fitur Baru MIUI 13 Jadikan Ponsel Xiaomi Lebih Cepat

“Pesan saya kepada BSI, yang sekarang tampaknya menghindari kontak dengan tim Jerman kami, sederhana saja: kami menganggap keputusan ini tidak adil dan benar-benar salah,” tutup Eugene.



Source link