Ponsel Android dengan Chip Unisoc Disebut Lebih Rentan Dibobol Peretas

CRCOID – Perusahaan keamanan dan privasi seluler Kryptowire melaporkan adanya celah kerentanan pada sejumlah smartphone Android yang memakai chipset Unisoc asal China. Adapun chipset rentan tersebut ada di model Unisoc SC9863A.

Mengutip Gizchina, Senin (21/3/2022), chipset tersebut memiliki celah yang bisa dieksploitasi hacker atau peretas untuk mendapatkan data pengguna dan fungsionalitas perangkat.

Rincinya, celah ini membuat hacker mampu mendapatkan akses seperti catatan panggilan dan sistem, SMS, kontak, dan data pribadi lain.

Mereka juga dapat merekam layar dengan kamera ponsel ataupun dengan kamera eksternal. Bahkan, hacker juga bisa mengoperasikan perangkat dari jarak jauh, memodifikasi, hingga menghapus data.

Baca Juga:
Samsung Diretas Hacker, Ini Deretan Data yang Dicuri

Kryptowire pun sudah melaporkan celah tersebut ke pihak Unisoc sejak Desember lalu. Mereka juga mengirim peringatan ke produsen smartphone yang menggunakan chipset Unisoc SC9863A tersebut.

Diharapkan pihak Unisoc segera memperbaiki celah kerentanan ini, atau kalau bisa menghentikan produk tersebut untuk dijual ke pasaran.

Perusahaan juga diharapkan dapat memanfaatkan laporan peringatan itu untuk memeriksa chipset lain yang sudah mereka buat.

Namun belum diketahui apakah produsen smartphone yang menggunakan chip Unisoc SC9863A ini sudah memperbaiki celah tersebut lewat pembaruan keamanan.

Diketahui chipset Unisoc SC9863A ini kerap dipakai untuk ponsel kelas entry level. Adapun smartphone yang memakai chip itu antara lain Nokia C21 Plus, Samsung Galaxy A03, Samsung Galaxy A03 Core, Realme NArzo 50i, Infinix Smart 5 Pro, hingga Infinix Smart 6.

Baca Juga:
Qualcomm Optimistis Krisis Cip Membaik Tahun Ini



Source link

Baca Juga  Apple Rilis iOS 15.4, Bisa Buka Face ID Tanpa Lepas Masker