Fakta Unik Pemimpin Lapsus$ yang Bobol Microsoft

CRCOID – Pemimpin peretas Lapsus$ yang berhasil membobol Microsoft dan perusahaan teknologi lainnya, seperti Nvidia, memiliki fakta unik.

Rupanya, seorang remaja berusia 16 tahun dengan kondisi autisme di balik peretasan besar tersebut.

Fakta ini dikonfirmasi Kepolisian di London yang mengaku telah menangkap beberapa remaja dengan rentang usia 16 hingga 21 tahun.

Remaja ini diduga terkait dengan pembobolan data yang dialami oleh para raksasa perusahaan teknologi tersebut.

Baca Juga:
Rumus VLOOKUP Excel

Pemimpin Lapsus$ itu dikenal dengan nama samaran “White” dan “Breachbase” dan masih tinggal bersama dengan orang tuanya di kawasan Oxford.

Sebagaimana mengutip Bloomberg, Minggu (27/3/2022), peneliti teknologi menyebutkan aksi Lapsus$ dalam membobol data korbannya terbilang sangatlah cepat dan ahli.

Microsoft. [Greg Baker/AFP]
Microsoft. [Greg Baker/AFP]

Awalnya, peretasan itu dinilai para peneliti merupakan kesalahan otomatis dari sistem.

Setelah melancarkan aksi mencuri data internal perusahaan- perusahaan teknologi, Lapsus$ secara terang-terangan mengungkap aksinya dan memeras perusahaan tersebut dengan hasil curiannya itu.

Microsoft menjadi salah satu korban dari pencurian data oleh Lapsus$, tidak diam dan mengumumkan bahwa pihaknya telah diperas oleh kelompok Lapsus$ yang disebut Microsoft sebagai DEV-0537.

Baca Juga:
Microsoft Akui Kena Retas, Data 37GB Dibobol Hacker

“Tidak seperti kebanyakan kelompok peretas yang berada di bawah radar, DEV-0537 tampaknya tidak menutupi jejaknya,” kata Microsoft dalam unggahan blog mereka.



Source link

Baca Juga  Resmi, Samsung Galaxy Note Tak Akan Diproduksi Lagi