Menkominfo Bertemu Dubes AS, Bahas ITU hingga Ekonomi Digital

CRCOID – Menteri Komunikasi dan Informatika atau Menkominfo Johnny G. Plate baru saja melakukan pertemuan dengan Duta Besar Amerika Serikat, Sung Yong Kim. Pertemuan bilateral itu membahas soal kerja sama Indonesia dengan AS di bidang teknologi, informasi, dan komunikasi (TIK).

“Kami berdiskusi tentang kerja sama Indonesia dengan AS yang secara khusus di sektor teknologi, informasi, dan komunikasi atau sektor digital,” terang Plate saat ditemui di Kantor Kominfo, Jakarta, Senin (28/3/2022).

Ia juga menyebutkan bahwa Indonesia mendukung International Telecommunication Union (ITU) atau Persatuan Telekomunikasi Internasional.

Adapun dukungan Indonesia ke organisasi ITU tersebut adalah pencalonan Doreen Bogdan Martin asal AS sebagai Sekretaris Jenderal ITU. Saat ini Doreen menjabat sebagai Direktur Biro Pengembangan Telekomunikasi di ITU.

Baca Juga:
Bertemu Menteri Media Massa Sri Lanka, Menkominfo Bahas Upaya Lawan Misinformasi dan Disinformasi

“Amerika punya kandidat yang hebat, yang bagus, yang kami diskusikan dan kebetulan juga kita sudah mengenal dengan baik. Kami Indonesia akan mendukung kandidat yang Amerika calonkan,” tuturnya.

Di sisi lain, Dubes AS Sung Yong Kim mengaku ia baru saja melakukan diskusi terbaik bersama Menkominfo. Diskusi itu menyangkut soal infrastruktur digital dan telekomunikasi antar dua negara.

“Saya mengikuti diskusi luar biasa dengan menteri terkait kerja sama USA dan Indonesia, mengenai infrastruktur digital dan telekomunikasi. Ada banyak hal yang bisa kami lakukan bersama dan melanjutkan target yang sudah dijalankan menteri,” katanya.

Kim juga mengapresiasi dukungan Indonesia, melalui Kominfo, untuk calon dari Amerika Serikat di pemilihan Sekjen ITU yang baru. Kim mengatakan kalau Doreen adalah sosok yang memiliki banyak pengalaman di organisasi tersebut.

“Ia sangat inklusif dan memastikan untuk mendengarkan pendapat dari seluruh komunitas internasional, termasuk negara-negara berkembang,” katanya.

Baca Juga  The Real Buka Puasa On The Road, Lelaki Ini Kejar Penjual Makanan di Tengah Kemacetan

Baca Juga:
Menkominfo Usul Pemilu dengan E-Voting, Pakar: Tunggu RUU PDP Rampung Dulu

Lebih lanjut Plate menyatakan saat ini adalah waktu terbaik bagi Indonesia dan Amerika Serikat untuk membentuk kerja sama di sektor digital. Ia menilai kalau pandemi Covid-19 kini sudah melandai.

“Kita harapkan bersama-sama dengan melandainya Covid-19, dan segera memasuki fase epidemi, maka ekonomi mulai bertumbuh, secara khusus ekonomi digital,” papar dia.

“Amerika juga mengetahui dan memberikan dukungan teknologi bagi pembangunan infrastruktur TIK di Indonesia, baik ICT infrastructure hulu maupun hilir,” jelasnya.



Source link