UMKM di Indonesia Berpeluang Terjun ke Dunia Metaverse

CRCOID – Perusahaan teknologi augmented reality (AR), WIR Group bekerja sama dengan PT Lumina Kaya Indonesia atau Kaya.id untuk mengembangkan UMKM di Indonesia ke dunia metaverse.

CEO Kaya.id, Nita Kartikasari mengatakan UMKM di Indonesia bisa terhubung dengan ekosistem digital melalui platform metaverse.

“Sehingga UMKM memiliki kesempatan yang lebih besar terhadap akses dan pasar, dan dapat mendukung tumbuhnya bisnis UMKM dengan berbagai keunggulan kompetitif di tengah tantangan di era digital tanpa batas,” ujar Nita dalam keterangan resminya, Senin (28/3/2022).

“Membangun merk-merk lokal Indonesia menjadi brand ternama tidak hanya secara offline, tetapi juga secara digital,” sambung dia.

Baca Juga:
My Lil Metaverse, Catatan Kecil dan Surat Cinta untuk 8th Suara

Melalui kerja sama ini, kata Nita, Kaya.id dapat menghadirkan layanan metaverse kepada UMKM Indonesia di mana para pelaku UMKM dapat mengembangkan “brand’ atau merknya masing-masing.

“Jika brand-nya sudah berkembang, maka mereka bisa dan siap bersaing secara global, menciptakan lapangan kerja, dan meningkatkan sumber daya kreatif dan berbakat. Itu akan memberi dampak yang lebih besar bagi perekonomian Indonesia,” paparnya.

Ilustrasi penggunaan Augmented Reality. [AR]
Ilustrasi penggunaan Augmented Reality. [AR]

Chief Officer Marketing WIR Global, Gupta Sitorus mengatakan, kerja sama ini akan memperkaya ekosistem bagi metaverse Indonesia.

Itu juga bisa mendorong perekonomian digital dan kreatif serta pemberdayaan UMKM di Indonesia.

Ia mengatakan, platform Metaverse dibuat dengan dasar interaksi manusia dalam bentuk digital yang membuka peluang-peluang baru bagi penggunanya.

Baca Juga:
Masuk Dunia Metaverse, Kalbe Nutritionals Gandeng WIR Group

Termasuk juga para pelaku UMKM yang dapat memanfaatkan kesempatan melalui metaverse untuk mengembangkan bisnisnya.

“Diharapkan UMKM banyak memanfaatkan platform ini untuk meningkatkan kapabilitas dan daya saing mereka,” ujar Gupta.

Baca Juga  Inilah Handphone OPPO Terbaik 2022 di Indonesia Untuk Kamu Sasar

Ia menambahkan, teknologi digital metaverse menawarkan pengalaman unik bagi pengguna seperti melihat pemandangan, mendengar suara, dan sensasi lainnya.

Dengan digunakannya platform metaverse oleh UMKM, itu memungkinkan terjadinya interaksi virtual realistik dengan konsumen.

Bahkan, dengan jangkauan global yang tidak terbayangkan sebelumnya.

“Dunia metaverse ini sejatinya tidak terbatas, namun untuk menavigasi serta berinteraksi di dunia ini diperlukan cara-cara khusus. Kami turut serta membangun metaverse dengan keahlian kami dalam pengembangan AR terkini yang bisa menjawab kebutuhan metaverse masa depan,” jelas Gupta.

Ilustrasi UMKM. [Xuanduongvan87/Pixabay]
Ilustrasi UMKM. [Xuanduongvan87/Pixabay]

Saat ini WIR Group sudah memiliki jaringan toko virtual Mindstores yang banyak menyasar pelaku UMKM dan sudah berhasil menjaring lebih dari 60 ribu pemilik toko virtual.

Lewat kerja sama ini, kedua pihak berkomitmen untuk mewujudkan cita-cita pemerintah dalam persiapannya untuk menghadapi tren teknologi metaverse.



Source link