ITS Perkenalkan Jolene, Boneka Pengukur Kebisingan

CRCOID – Laboratorium Vibrasi dan Akustik (Vibrastik) Departemen Teknik Fisika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya memperkenalkan boneka pengukur tingkat kebisingan bernama Jolene untuk memperingati Hari Pendengaran se-Dunia pada Maret 2022.

Perkenalan Jolene dilakukan bersama Departemen Ilmu Kesehatan THT-Kepala Leher Universitas Airlangga (Unair), Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soetomo Surabaya, Perhimpunan Dokter THT-Kepala Leher (Perhati-KL) Cabang Jawa Timur Utara, dan didukung oleh World Health Organization (WHO).

“Berdasarkan World Report on Hearing oleh WHO pada 2021, disoroti peningkatan jumlah orang yang hidup dalam risiko mengalami gangguan pendengaran,” ujar Steering Committee Jolene Regional Indonesia, Dr. dr. Nyilo Purnami melalui keterangannya, Senin (28/3/2022).

Menurutnya, hal ini dapat dipicu oleh paparan kebisingan dalam intensitas waktu di luar batas yang dianjurkan.

Baca Juga:
5 Momen Paling Ikonik di Sejarah K-pop, V Pernah Menyandera Boneka Jimin!

“Gangguan pendengaran akibat kebisingan ini bersifat permanen sehingga perlu adanya tindakan pencegahan,” katanya.

Upaya pencegahan gangguan pendengaran dapat dilakukan dengan mengadaptasi kebiasaan mendengar yang baik, salah satunya dengan memantau ambang batas kebisingan.

Penanggung jawab acara World Hearing Day Regional Indonesia, Dr. Dhany Arifianto menyebut dengan mengetahui level bunyi di sekitar kita, dapat dilakukan beberapa tindakan seperti mulai membatasi volume audio hingga menggunakan pelindung telinga seperti earplug di area bising.

“Jolene dirancang untuk membaca level audio yang didengar pengguna,” tuturnya.

Dhany juga memaparkan cara penggunaan Jolene. Pertama, mikrofon yang diletakkan dalam telinga akan menangkap bunyi di sekitarnya. Selanjutnya, tangkapan audio akan dibaca oleh Sound Level Meter (SLM) yang sudah terhubung dengan mikrofon.

Baca Juga:
Melihat Boneka-boneka Unik Dibakar saat Festival Las Fallas di Valencia

Baca Juga  Viral Truk Minyak Goreng Terguling dan Bocor, Auto Ditampung Warga Ramai-ramai

“Alat SLM inilah yang membaca tingkat kebisingan sekitar,” kata Kepala Pusat Penelitian Internet of Things dan Teknologi Pertahanan ITS itu



Source link